PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS OUTDOOR LEARNING TERHADAP BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Fratiwi, Revvi Ayu and Abdul, Muktadir and Endang, Widi Winarni (2025) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS OUTDOOR LEARNING TERHADAP BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Tesis] Archive (Tesis)
Tesis Revvi Ayu Fratiwi (A2G022010) - Revvi Ayu Fratiwi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Problem Based
Learning (PBL) berbasis Outdoor Learning terhadap berpikir kritis dan
keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV sekolah dasar. Jenis
penelitian ini kuantitatif, metode penelitian yang digunakan adalah Quasi
Eksperimental Design dengan desain The Matching Posttest-Only Control Design
terhadap dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.
Sampel penelitian adalah siswa kelas IV SDN 51 Kota Bengkulu. Instrumen
penelitian yang digunakan berupa tes tertulis. Data dari hasil penelitian ini
menggunakan inferensial yaitu uji-t dan uji korelasi. Hasil penelitian
menunjukkan hasil uji-t dengan t-hitung pada keterampilan berpikir kritis siswa di
kelas kontrol sebesar 60,77 mengalami kenaikan naik menjadi rata-rata kelas
eksperimen pada hasil berpikir kritis siswa sebesar 88,43 pada keterampilan
menulis karangan deskripsi didapatkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar kelas
eksperimen 64,33 dan pada kelas eksperimen naik menjadi 79,83, dan juga
terdapat korelasi antara berpikir kritis terhadap menulis karangan deskripsi siswa
kelas IV sekolah dasar. Hal tersebut ditunjukkan dengan naiknya rata-rata berpikir
kritis kelas eksperimen 88,43 dan diikuti dengan naiknya nilai rata-rata menulis
kelas eksperimen menjadi 79,83. Terdapat hubungan positif dan signifikan antara
berpikir kritis dan keterampilan menulis karangan deskripsi pada taraf signifikansi
0,000 maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Problem
Based Learning (PBL) berbasis Outdoor Learning terhadap berpikir kritis dan
keterampilan menulis karangan deskripsi siswa.
Kata Kunci : Model Problem Based Learning (PBL), Outdoor Learning,
Berpikir Kritis, Karangan Deskripsi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 07 May 2025 03:25
Last Modified: 07 May 2025 03:25
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23414

Actions (login required)

View Item
View Item