Harmika, Lita and Endang, Widi Winarni and Abdul, Muktadir (2025) PENGARUH PEMBELAJARAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING (QL) BERBANTUAN MEDIA BUKU PINTAR TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA KELAS IV SD 107 SELUMA. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Tesis [thumbnail of Tesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
Tesis_Lita Harmika_A2G022033 - Lita Harmika.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Pembelajaran IPA
menggunakan Model pembelajaran Quantum Learning (QL) berbantuan media Buku
Pintar terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa. Dalam pembelajaran IPA terhadap
dimensi kemampuan berpikir lancar, berpikir luwes, berpikir Original dan menganalisis
kemampuan berpikir lancar, kemampuan berpikir luwes, dan kemampuan berpikir
Original dalam pembelajaran IPA dengan media Buku Pintar . Jenis penelitian yang
digunakan adalah penelitian quasy eksperimen mengunakan desain one group design
pretest-posttest. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dengan menggunakan
instrument berupa wawancara, dokumentasi, instrumen soal, dan lembar validasi ahli.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penggunaan media Buku Pintar dalam
pembelajaran IPA berpengaruh signifikan terhadap dimensi kemampuan berpikir lancar.
Hal itu ditunjukkan dengan rata-rata posttest kemampuan berpikir lancar pada kelas
eksperimen adalah sebesar 76% pada meanya rata-ratanya yaitu 90. Dapat desimpulkan
Penggunaan model Quantum Learning (QL) berbantuan media Buku Pintar dalam
pembelajaran IPA Berpengaruh signifikan terhadap dimensi kemampuan berpikir lancar
(Fluency). Selanjutnya dari hasil rata-rata posttest kelas eksperimen adalah sebesar 75%
dan asil meanya rata-rata 90 . Dapat disimpulkan bahwa Penggunaan model Quantum
Learning (QL) berbantuan media Buku Pintar dalam pembelajaran IPA berpengaruh
signifikan terhadap dimensi kemampuan berpikir Luwes (Flexibility). Dari hasil rata-rata
hasil posttest kelas eksperimen adalah sebesar 73% pada meanya 88. Selanjutnya dapat
di simpulkan terdapat pengaruh terhadap dimensi kemampuan berpikir lancar, luwes dan
Original dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Learning (QL) berbantuan
media Buku Pintar dalam pembelajaran IPA .
Kata kunci : Media Buku Pintar, Quantum Learning (QL) , Kemampuan Berpikir Kreatif
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 07 May 2025 03:25 |
Last Modified: | 07 May 2025 03:25 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23417 |