PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR ( Studi Pada Muatan Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV Gugus II di Kecamatan Merapi Timur Kabupaten Lahat)

SEPTIANI, MERLY and Johanes, Sapri and Bambang, Sahono (2025) PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCIENTIFIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR ( Studi Pada Muatan Pelajaran Matematika Siswa Kelas IV Gugus II di Kecamatan Merapi Timur Kabupaten Lahat). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Tesis] Archive (Tesis)
CD Bakar Tesis Merly Septiani (1) - Septa Andora.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas, hasil belajar dalam
pembelajaran matematika dengan menerapkan pendekatan saintifik. Jenis
penelitian tindakan kelas sebanyak tiga siklus, setiap siklus terdiri dari lima
tahap yaitu mengamati, Menanya, menalar, mencoba dan membentuk
jejaring.Subjek penelitian guru dan siswa, instrument digunakan lembar
observasi guru,siswa dan lembar tes.Data observasi dianalisis dengan
menggunakan rata-rata skor. Data test dianalisis dengan menggunakan
rata- rata nilai presentase ketuntasan belajar klasikal. Dari analisis data
pada siklus I hasil observasi aktivitas guru kriteria kurang meningkat, pada
siklus II kategori baik, hasil observasi aktivitas siswa siklus I kriteria kurang
meningkat. Pada siklus II menjadi kategori baik.Meningkat pada siklus III
ketuntasan belajar klasikal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan aktivitas, hasil belajar
khususnya siswa kelas IV di Gugus II Kecamatan Merapi Timur .
Kata kunci : pendekatan scientific, matematika, berfikir kritis, prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 08 May 2025 02:07
Last Modified: 08 May 2025 02:07
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23419

Actions (login required)

View Item
View Item