PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE PROBING- PROMPTING TERHADAP BERFIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Di Kota Lahat)

NARATARI, RENDU and Alexon, Alexon and Buyung, Buyung (2024) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE PROBING- PROMPTING TERHADAP BERFIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Di Kota Lahat). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Tesis] Archive (Tesis)
ilovepdf_merged (7) - rendu nara tari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: (1) Mendeskripsikan peningkatan dalam berfikir kritis
peserta didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila melalui penerapan Model
Pembelajaraan Kooperatif Tipe Probing-Prompting, (2) Mendeskripsikan peningkatan
prestasi belajar peserta didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila melalui
penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Probing-Prompting, (3)
Mendeskripsikan efektivitas penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Probing-
Prompting dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Pancasila peserta didik
kelas VIII SMP Negeri 8 Lahat. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) dan dilanjutkan dengan penelitian eksperimen. Subjek
penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.A SMP Negeri 8 Lahat untuk kelas
Eksperimen dan peserta didik kelas VIII.B untuk kelas PTK dan kelas VIII.C untuk
kelas kontrol yang dilaksanakan di SMP Negeri 8 Lahat. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Data penelitian dianalisis dengan
statistik deskriptif, rata-rata (mean), persentase, dan uji-t. Simpulan dari penelitian ini
adalah; (1) Penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Probing-Prompting dapat
meningkatkan konsentrasi peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila.
(2) Penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Probing-Prompting dapat
meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di
SMP Negeri 8 Lahat dan (3) Penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Probing-
Prompting efektif dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik.
Kata Kunci: Model pembelajaran,Kooperatif Tipe Probing-Prompting ,
Berfikir Kritis siswa, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Educational Technology Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 08 May 2025 02:07
Last Modified: 15 Oct 2025 08:43
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23422

Actions (login required)

View Item
View Item
Link slot terpercaya situs slot gacor hari ini Situs Slot Gacor Dan Link Slot Maxwin slot gacor Situs Slot Thailand Lewat Link Slot Gacor situs slot gacor yang resmi dan terpercaya Situs Slot Gacor Malam Ini Dengan Slot Maxwin Situs Slot Gacor Slot777 Terpercaya Hari Ini