PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE PROBING- PROMPTING TERHADAP BERFIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Di Kota Lahat)

NARATARI, RENDU and Alexon, Alexon and Buyung, Buyung (2025) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE PROBING- PROMPTING TERHADAP BERFIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Di Kota Lahat). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Tesis] Archive (Tesis)
ilovepdf_merged (7) - rendu nara tari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: (1) Mendeskripsikan peningkatan dalam berfikir kritis
peserta didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila melalui penerapan Model
Pembelajaraan Kooperatif Tipe Probing-Prompting, (2) Mendeskripsikan peningkatan
prestasi belajar peserta didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila melalui
penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Probing-Prompting, (3)
Mendeskripsikan efektivitas penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Probing-
Prompting dapat meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Pancasila peserta didik
kelas VIII SMP Negeri 8 Lahat. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian
Tindakan Kelas (PTK) dan dilanjutkan dengan penelitian eksperimen. Subjek
penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.A SMP Negeri 8 Lahat untuk kelas
Eksperimen dan peserta didik kelas VIII.B untuk kelas PTK dan kelas VIII.C untuk
kelas kontrol yang dilaksanakan di SMP Negeri 8 Lahat. Teknik pengumpulan data
yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Data penelitian dianalisis dengan
statistik deskriptif, rata-rata (mean), persentase, dan uji-t. Simpulan dari penelitian ini
adalah; (1) Penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Probing-Prompting dapat
meningkatkan konsentrasi peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila.
(2) Penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Probing-Prompting dapat
meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di
SMP Negeri 8 Lahat dan (3) Penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Probing-
Prompting efektif dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik.
Kata Kunci: Model pembelajaran,Kooperatif Tipe Probing-Prompting ,
Berfikir Kritis siswa, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 08 May 2025 02:07
Last Modified: 08 May 2025 02:07
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23422

Actions (login required)

View Item
View Item