SUDARYANI, VERA and Alexon, Alexon and Buyung, Buyung (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA ( Studi pada Mata Pelajaran IPAS Siswa Kelas V SDN Gugus II Tanjung Tebat ). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Tesis [thumbnail of Tesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
TESIS _VERA SUDARYANI_PDF - VERA SUDARYANI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini menggunakan model Artikulasi ini bertujuan untuk
mendeskripsikan penerapan Artikulasi dapat meningkatkan Partisipasi dan
prestasi belajar siswa ( Studi pada Mata Pelajaran IPAS siswa kelas V SD
Negeri Gugus II Tanjung Tebat Lahat ). Model pembelajaran artikulasi
merupakan model yang menerapkan siswa aktif dalam proses
pembelajaran dengan cara kelompok berpasangan dan mewawancarai
teman kelompok tentang materi yang dibahas. Adapun desain penelitian
yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen
dengan subyek penelitian siswa kelas V SD Negeri gugus II Tanjung
Tebat Lahat semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025 yang terdiri dari
kelas PTK yaitu SD Negeri 4 Tanjung Tebat dengan jumlah siswa 18
orang, kelas eksperimen yaitu SD Negeri 1 Tanjung Tebat dengan jumlah
siswa 17 orang, dan kelas kontrol dengan jumlah siswa 13 orang. Untuk
teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan test.
Hasil Penelitian Tindakan Kelas selama 3 siklus dengan penerapan model
Artikulasi menunjukkan bahwa terjadi peningkatan signifikan baik dari segi
kemampuan partisipasi maupun prestasi belajar siswa. Kemudian hasil
penelitian kuasi eksperimen menunjukkan bahwa penerapan model
Artikulasi pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa terjadi peningkatan
signifikan baik dari segi kemampuan partisipasi maupun prestasi belajar
siswa. Kemudian hasil penelitiann kuasi eksperimen menunjukkan bahwa
penerapan model Artikulasi pada kelas eksperimen rata-rata nilai post test
nya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan penerapan pembelajaran
konvensional pada kelas kontrol. Artinya bahwa penerapan model
Artikulasi secara kolektif dapat meningkatkan prestasi belajar dan mata
pelajaran IPAS kelas V SDN Gugus II Tanjung Tebat Lahat.
Kata kunci : Model Artikulasi, Partisipasi, Prestasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 08 May 2025 02:07 |
Last Modified: | 08 May 2025 02:07 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23424 |