BUDIANTO, BUDIANTO and Johanes, Sapri and Buyung, Buyung (2025) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA SOSIAL DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas V di Gugus SD Negeri Gumay Ulu). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Tesis [thumbnail of Tesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
TESIS BUDIANTO A2M022077_compressed (1) - Septa Andora.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan model Discovery
learning untuk meningkatkan kerjasama sosial dan prestasi belajar studi
pada mata pelajaran IPA Kelas V SD Negeri Gumay Ulu Lahat. Desain
penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dan
dilanjutkan dengan kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa
kelas V SDN 6 Gumay Ulu semester ganjil tahun pelajaran 2024/2025.
Melalui teknik random sampling diperoleh sampel kuasi eksperimen
adalah kelas V SDN 6 Gumay Ulu dan sebagai kelas control adalah SDN
3 Gumay Ulu. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi
dan tes. Data penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif, rata-rata
(mean), persentase, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa
Penerapan Model Discovery learning efektif dapat meningkatkan secara
signifikan kerjasama sosial dan prestasi belajar siswa Kelas V SDN
Gumay Ulu.
Kata kunci: model Discovery Learning, Kerjasama sosial, prestasi
belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 08 May 2025 03:29 |
Last Modified: | 08 May 2025 03:29 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23428 |