Herlina, Henny and Bambang, Sahono and Eko, Risdianto (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI STEAM (DASTEM) UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Siswa Kelas V SDN Gugus 1 Kecamatan Ulok Kupai). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Tesis [thumbnail of Tesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
TESIS DASTEM_HENNY_A2M02268 - Henny Herlina.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kreativitas dan prestasi
belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Sosial
dengan menggunakan model pembelajaran Berdifrensiasi STEAM
(DASTEM). Metode yang digunakan adalah Quasi-Eksperimental dengan
desain Non-equivalent Control Group Design dan Penelitian Tindakan
Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran
2024/2025 dari bulan Juli hingga Oktober 2024. Subjek penelitian terdiri
dari dua kelas: kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran
DASTEM dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran
konvensional. Data diperoleh melalui observasi pembelajaran, Kreativitas
dan tes prestasi belajar yang dilakukan sebelum dan sesudah perlakuan.
Kegiatan PTK dilakukan dalam tiga siklus yang mencakup tahap
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian
menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kreativitas dan prestasi
belajar siswa di kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol.
Kegiatan PTK menunjukkan bahwa implementasi model DASTEM melalui
tiga siklus mampu meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran
dan memperbaiki strategi pembelajaran berdasarkan umpan balik dari
siklus sebelumnya. Kesimpulannya, penerapan model pembelajaran
DASTEM efektif dalam meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar
siswa. Implikasi praktis penelitian ini adalah sekolah-sekolah dapat
mempertimbangkan untuk mengadopsi model pembelajaran DASTEM
sebagai alternatif yang lebih menarik dan efektif sehingga kualitas
pembelajaran meningkat.
Kata kunci: Berdifrensiasi STEAM, Kreativitas, Ilmu Pengetahuan Alam
dan Sosial.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 08 May 2025 03:29 |
Last Modified: | 08 May 2025 03:29 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23429 |