PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti siswa kelas XI SMA Negeri 2 Lahat)

HENDARTO, HENDARTO and Alexon, Alexon and Buyung, Buyung (2025) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti siswa kelas XI SMA Negeri 2 Lahat). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Tesis] Archive (Tesis)
TESIS HENDARTO 2024 S2 TP - Hendarto Chanel.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui apakah
Penerapan metode Pembelajaran Card Shot dapat meningkatkan
kerjasama dan prestasi belajar pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti
siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Lahat. Metode penelitian ini menggunakan
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model dari Kemmis dan Mc Taggart.
yang dalam alur penelitiannya yakni meliputi langkah – langkah sebagai
berikut : (1) Perencanaan, (2) Melaksanakan tindakan, (3) Melaksanakan
pengamatan, (4) Mengadakan refleksi / analisis. Setelah mendapatkan
hasil pada proses Penerapan Metode Pembelajaran Card Sort dalam
kegiatan pembelajaran, selanjutnya mengadakan penelitian Kuasi
Eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan
kerjasama dan prestasi belajar siswa, antara kelas yang diajar dengan
menggunakan metode pembelajaran Card Sort dan kelas yang diajar
dengan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Metode
Pembelajaran Card Sort dapat Meningkatkan kerjasama Siswa pada Mata
Pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas XI SMA Negeri 2 Lahat Berdasarkan
hasil pengamatan kerjasama dapat berjalan dengan baik diketahui dari
proses pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran Card
Sort sudah berjalan baik, hal ini terlihat dari indikator dalam proses
pembelajaran sudah tampak semua, penerapan metode pembelajaran
Card Sort telah menemukan pola yang baik terhadap kemampuan guru
dalam menerapkan metode pembelajaran Card Sort yang dianggap sudah
memadai dan ideal.(2) Metode Pembelajaran Card Sort dapat
Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI dan Budi
Pekerti kelas XI SMA Negeri 2 Lahat. (3) Metode Pembelajaran Card Sort
pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Efektif dapat Meningkatkan
Prestasi Belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 2 Lahat.
Kata Kunci: Card Sort, Kerjasama, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 08 May 2025 03:29
Last Modified: 08 May 2025 03:29
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23432

Actions (login required)

View Item
View Item