PUSPITASARI, IKA ARUM and Bambang, Sahono and Bayu, Insanistyo (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KEBERANIAN DAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada Mata Pelajaran Biologi Siswa Kelas X di SMA Negeri 2 Rambang Dangku). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Tesis [thumbnail of Tesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
TESIS IKA ARUM PUSPITASARI. - Ika Arum Puspitasari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (8MB)
Abstract
Penelitianan ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan penerapan
model pembelajaran Kooperatif tipe student teams achievement division
(STAD) dalam meningkatkan keberanian siswa kelas X di SMA Negeri 2
Rambang Dangku. (2) Mendeskripsikan model pembelajaran Kooperatif
tipe student teams achievement division (STAD) dalam meningkatkan
prestasi belajar siswa kelas X di SMA Negeri 2 Rambang Dangku. (3)
Mendeskripsikan efektivitas penerapan model pembelajaran Kooperatif
tipe student teams achievement division (STAD) dalam meningkatkan
keberanian dan prestasi belajar siswa kelas X di SMA Negeri 2 Rambang
Dangku. Dalam penelitian ini digunakan metode Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) dan dilanjutkan dengan kuasi Eksperimen. Subjek
penelitiannya adalah siswa kelas X semester ganjil tahun Pelajaran
2024/2025 SMAN 2 Rambang Dangku. Untuk sampel kuasi eksperimen
adalah kelas XB dan Kelas XC . Jumlah siswa untuk kelas PTK berjumlah
30 siswa, untuk kelas Eksperimen berjumlah 30, dan untuk kelas control
berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran kooperatif
tipe student teams achievement division (STAD), lembar observasi
keberanian dan test prestasi belajar. Analisis data menggunakan pretest
dan postest, dan analisis uji-t yang terdiri dari uji beda antar siklus dan uji
beda dua sampel yang tidak berhubungan. Dari hasil penelitian
menunjukkan bahwa penerapan model kooperatif tipe student teams
achievement division (STAD) dapat meningkatkan keberanian, dan
prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Biologi.
Kata kunci : model pembelajaran, STAD, keberanian, prestasi belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 08 May 2025 03:29 |
Last Modified: | 08 May 2025 03:29 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23435 |