Darwin, Jemi and Bambang, Sahono and Alexon, Alexon (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kikim Tengah). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Tesis [thumbnail of Tesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
TESIS LENGKAP - JEMI DARWIN 1_compressed - Indrapadila Indrapadila.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan Percaya Diri
dan prestasi belajar dalam pembelajaran Bahasa Inggris siswa kelas VII
SMP Negeri 1 Kikim Tengah.Penelitian dilaksanakan dengan
menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam
tiga siklus kemudian dilanjutkan dengan kuasi eksperimen, setiap siklus
terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan tindakan, pelaksanaan
tindakan, tindakan observasi dan, tindakan refleksi. Subjek penelitian ini
melibatkan 28 orang siswa kelas VII .2 SMP Negeri 1 Kikim TengahTahun
Pelajaran 2023/2024. Hipotesis penelitian ini adalah Penerapan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Percaya Diri
dan Prestasi Belajar Siswa. Peneliti menggunakan lembar observasi untuk
mengukur Percaya Diri siswa dan tes untuk mengukur prestasi siswa.
Terjadi peningkatan Percaya Diri belajar siswa pada setiap siklus, skor
rata-rata observasi siklus 1 (2,50), siklus 2 (3,11), dan siklus 3 (3,32).
Statistik yang digunakan untuk menganalisis data prestasi siswa dalam
penelitian hipotesis ini adalah uji-t dengan taraf signifikansi (α = 0,05).
Berdasarkan Analisa yang telah dilakukan maka didapat Siklus 1 (thitung =
10,785), siklus 2 (thitung =12,735), dan siklus 3 (thitung =15,325) dengan ttabel
= 2,052). Dengan demikian hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini
dapat dbapakktikan kebenarannya, bahwa ada pengaruh penggunaan
model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap penerapan model
pembelajaran tipe Jigsaw dapat meningkatkan Percaya Diri dan prestasi
belajar siswa serta efektif meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII . 2
di SMP Negeri 1 Kikim Tengah Lahat pada materi Descriptive text.
Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW, Percaya Diri belajar, prestasi belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 08 May 2025 03:29 |
Last Modified: | 08 May 2025 03:29 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23437 |