PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran Matematika Peserta Didik Kelas VII SMPN 1 Kikim Timur)

Indrapadila, Indrapadila and Bambang, Sahono and Buyung, Buyung (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran Matematika Peserta Didik Kelas VII SMPN 1 Kikim Timur). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Tesis] Archive (Tesis)
TESIS LENGKAP INDRAPADILA_compressed (1) - Indrapadila Indrapadila.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan penerapan model STAD
dapat meningkatkan keterampilan sosial peserta didik kelas VII SMPN 1 Kikim
Timur, (2) Mendeskripsikan penerapan model STAD dapat meningkatkan
prestasi belajar peserta didik kelas VII SMPN 1 Kikim Timur, dan (3)
Mendeskripsikan efektivitas penerapan model STAD dapat meningkatkan
prestasi belajar peserta didik kelas VII SMPN 1 Kikim Timur. Metode penelitian
adalah metode kombinasi antara Penelitian Tindakan Kelas, dilanjutkan
dengan kuasi Eksperimen. Subjek penelitian PTK adalah peserta didik kelas
VIIA SMP Negeri 1 Kikim Timur, berjumlah 32 orang. Untuk kuasi Eksperimen
adalah Seluruh peserta didik kelas VIIB dan VIIC berjumlah 64 orang.
Pengambilan sampel dilakukan dengan prosedur matching pretest-posttest
control design, dengan teknik purposive sampling tidak diundi tapi dipilih kelas
VIIB SMPN 1 Kikim Timur sebanyak 32 orang sebagai kelas Eksperimen, dan
kelas VIIC SMPN 1 Kikim Timur sebanyak 32 orang sebagai kelas kontrol. Data
penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan keterampilan sosial
dikumpulkan dengan teknik observasi, data prestasi belajar peserta didik
dikumpulkan dengan menggunakan tes. Data hasil penerapan pembelajaran
dianalisis menggunakan dipersi data rata-rata (mean) begitu juga dengan data
keterampilan sosial peserta didik. Sedangkan prestasi belajar peserta didik
digunakan uji beda (uji-t). Hasil uji-t kuasi eksperimen post-test kelas
eksperimen dengan kelas kontrol diperoleh t-hitung sebesar 6,067.
Disimpulkan secara efektif penerapan model Student Teams Achievement
Divisions (STAD) dapat meningkatkan keterampilan sosial dan prestasi belajar
peserta didik pada mata pelajaran Matematika kelas VII SMPN 1 Kikim Timur.
Kata Kunci: Model STAD, Keterampilan Sosial, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 08 May 2025 03:29
Last Modified: 08 May 2025 03:29
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23438

Actions (login required)

View Item
View Item