HARTATI, LEVI and Bambang, Sahono and Bayu, Insanistyo (2025) PENERAPAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Siswa kelas IV di SD Negeri 2 Ujan Mas). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Tesis [thumbnail of Tesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
TESIS LEVI HARTATI komplit - Levi Hartati.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk:(1) Mendeskripsikan penerapan model
Student Facilitator And Explaining (SFAE) peserta didik,
(2).Mendeskripsikan penerapan model Student Facilitator And Explaining
( SFAE ) dalam meningkatkan rasa percaya diri peserta didik dan (3)
Mendeskripsikan model Student Facilitator And EXplaining (SFAE) dapat
meningkatkan prestasi belajar.
Dalam penelitian ini digunakan metode Penelitian Tindakan Kelas
dan dilanjutkan dengan penelitian Eksperimen. Subjek penelitian ini
adalah Peserta Didik kelas IV di SDN 2 UJan Mas.Teknik pengumpulan
data yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi dan
metode tes. Analisis data yang digunakan nilai adalah (1)Analisis guru
melaksanakan model Sudent Facilitator And Explaining,(2) Analisis Pre-
test dan Post-test, (3) Analisis uji t Prestasi Belajar Peserta Didik dan
Percaya Diri Peserta Didik dalam penelitian yang digunakan adalah model
skala linkert.
Kesiimpulan dari penelitian ini adalah; (1) Penerapan model SFAE
dapat meningkatkan Percaya Diri Peserta Didik. (2) Penerapan model
SFAE dapat meningkatkan prestasi belajar Peserta Didik.
Kata Kunci:Model Pembelajaran, Student Facilitator And Explaining, Rasa
Percaya Diri, Prestasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 08 May 2025 03:29 |
Last Modified: | 08 May 2025 03:29 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23439 |