VIANI M, OCTA and Bambang, Sahono and Alexon, Alexon (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKURI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Lahat). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Tesis [thumbnail of Tesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
TESIS OCTA VIANI M A2M022085 - Octa Viani M.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan penerapan model
pembelajaran Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan minat dalam
pembelajaran kimia siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Lahat; (2)
Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dapat
meningkatkan prestasi belajar kimia siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 4
Lahat; (3) Mendeskripsikan efektivitas penerapan model pembelajaran
Inkuiri Terbimbing dapat meningkatkan prestasi belajar kimia siswa kelas
XI MIPA SMA Negeri 4 Lahat. Penelitian dilaksanakan dengan
menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan kuasi eksprimen.
Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembaran
observasi untuk mengukur proses pembelajaran dan minat siswa dan
untuk mengukur prestasi belajar digunakan tes. Sedangkan analisis data
digunakan analisis skor rata-rata dan uji-t test. Penelitian ini menghasilkan
kesimpulan: (1) Penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dapat
meningkatkan minat siswa, (2) Penerapan model pembelajaran Inkuiri
Terbimbing dapat meningkatkan prestasi belajar siswa, (3) Penerapan
model pembelajaran Inkuiri Terbimbing efektif meningkatkan prestasi
belajar siswa pada mata pelajaran kimia.
Kata Kunci: model pembelajaran Inkuiri Terbimbing, minat, prestasi
belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 08 May 2025 03:29 |
Last Modified: | 08 May 2025 03:29 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23441 |