RUDIANSYAH, RUDIANSYAH and Alexon, Alexon and Buyung, Buyung (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi pada Mata Pelajaran IPS kelas IX SMP Negeri 2 Pendopo). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Tesis [thumbnail of Tesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
TESIS RUDIANSYAH - NPM A2M022087 - Septa Andora.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan prestasi
belajar siswa pada pelajaran IPS kelas IX SMP Negeri 2 Pendopo. Jenis
Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan
Penelitian Quasi Eksperimen. Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas IX
SMP Negeri 2 Pendopo. Subjek PTK adalah kelas IX.1, sampel
eksperimen adalah kelas IX.2 dan sampel kontrol adalah kelas IX.3.
Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
lembar penilaian observasi dan hasil tes siswa. Data dalam penelitian ini
kemudian dianalisis menggunakan rata-rata, persentase dan uji-t. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif
tipe Think Pair and Share dapat meningkatkan partisipasi dan prestasi
belajar siswa dan penerapan model pembelajarann kooperatif tipe Think
Pair and Share efektif dalam meningkatkan prestasi belajar Siswa Kelas
IX SMP Negeri 2 Pendopo.
Kata Kunci: Think Pair and Share, Partisipasi Siswa, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 08 May 2025 03:29 |
Last Modified: | 08 May 2025 03:29 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23442 |