MARYANI, SUSI and Bambang, Sahono and Johanes, Sapri (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas V) SD Negeri 17 Talang Ubi. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Tesis [thumbnail of Tesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
TESIS SUSI MARYANI, - GIANI GIANI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.
Download (5MB)
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini
menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam
dua siklus. Setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan
refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V A SD Negeri talang ubi
yang berjumlah 18 siswa, terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan.
Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik observasi, tes dan
dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar tes dan lembar observasi.
Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif
kualitatif. Data yang dianalisis secara deskriptif kuantitatif adalah hasil belajar,
sedangkan data yang dianalisis secara deskriptif kualitatif adalah hasil observasi dan
dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan digunakannya model
pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD)dalam
pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Peningkatan hasil
belajar siswa tersebut dapat dilihat dari nilai yang diperoleh siswa sebelum dan
sesudahdilakukantindakan.Sebelumdilakukantindakanada8siswaatau44,44
% dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥ 65. Setelah dilakukan tindakandengan
model pembelajaran kooperatif tipe STAD di siklus I, hasil tes di siklus I
ada11siswaatau 61,11 %dariseluruhsiswa yangmendapatnilai ≥65.Demikian pula
setelah dilakukan perbaikan dengan memodifikasi model pembelajaran kooperatif
tipe STAD di siklus II dengan pembentukan kelompok yang lebih heterogen,
pembagian tugas dalam kelompok, pembagian waktu dan pemberian penghargaan
yang lebih menarik pada siklus II, dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa,
ditandai ada 15 siswa atau 83,33 % dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥ 65.
Nilai rata-rata hasil tes meningkat, pada siklus I yaitu 65,00 sedangkan pada siklus
II yaitu 74,17.
KataKunci:hasil belajar IPS,model pembelajaran kooperatiftipe Student Teams
Achievement Divisions (STAD)
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 14 May 2025 02:56 |
Last Modified: | 14 May 2025 02:56 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23445 |