Susila, Susila and Alexon, Alexon and Buyung, Buyung (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas V SD Negeri 5 Merapi Barat). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Tesis [thumbnail of Tesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
TESIS SUSILA_compressed (1) - Indrapadila Indrapadila.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model
pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan tanggung jawab
dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 5
Merapi Barat. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian
tindakan kelas dan kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa
kelas V SD Negeri 5 Merapi Barat semester ganjil tahun pelajaran
2024/2024. Melalui teknik simple random sampling diperoleh sampel kuasi
eksperimen adalah kelas VC di SD Negeri 5 Merapi Barat dan kelas VB di
SD Negeri 5 Merapi Barat. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar
observasi dan tes. Data penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif,
rata-rata (mean), persentase, dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan
bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat
meningkatkan tanggung jawab dan prestasi belajar siswa kelas V SD
Negeri 5 Merapi Barat.
Kata kunci : Model Pembelajaran STAD, Tanggung Jawab Siswa, Prestasi
Belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 14 May 2025 02:57 |
Last Modified: | 14 May 2025 02:57 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23446 |