Heriani, Yenni and Johanes, Sapri and Alexon, Alexon (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI DAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada Muatan Pelajaran IPA Kelas IV di SD Negeri 10 Lahat). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Tesis [thumbnail of Tesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
TESIS YENNI HERIANI_compressed - Yenni Heriani.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini menggunakan model Pembelajaran Inquiry
Terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan
model Pembelajaran Inquiry Terbimbing dapat meningkatkan percaya diri
dan prestasi belajar siswa (Studi pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV
SD Negeri 10 Lahat). Adapun metode penelitian yang digunakan adalah
penelitian tindakan kelas dan kuasi eksperimen dengan subjek penelitian
siswa Kelas IV SD Negeri 10 Lahat semester ganjil tahun pelajaran
2024/2025 yang terdiri dari kelas PTK yaitu Kelas IV/C dengan jumlah
siswa 32 orang ( 15 orang laki-laki dan 17 orang perempuan), kelas
eksperimen yaitu Kelas IV/A dengan julah siswa 32 orang (13 orang laki-
laki dan 19 orang perempuan) dan kelas kontrol yaitu Kelas IV/B dengan
jumlah siswa 32 orang (14 orang laki-laki dan 18 orang perempuan) .
Untuk teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu Observasi dan
test . Hasil Penelitian Tindakan Kelas selama 3 siklus dengan penerapan
model Pembelajaran Inquiry Terbimbing menunjukkan bahwa terjadi
peningkatan signifikan baik dari segi kemampuan percaya diri maupun
prestasi belajar siswa. Kemudian hasil penelitian kuasi ekperimen
menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran Inquiry Terbimbing
pada kelas eksperimen rata-rata nilai post testnya jauh lebih tinggi
dibandingkan dengan penerapan pembelajaran konvensional pada kelas
kontrol. Artinya bahwa penerapan model Pembelajaran Inquiry Terbimbing
secara efektif dapat meningkatkan prestasi belajar dan pada mata
pelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 10 Lahat.
Kata kunci : Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing, Percaya diri,
Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 14 May 2025 02:57 |
Last Modified: | 14 May 2025 02:57 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23448 |