PENERAPAN METODE DRILL AND PRACTICE UNTUK MENINGKATKAN KESIAPAN DAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada Mata Pelajaran Penjaskes Gugus 3 SDN Gunung Megang)

RIYANTO, BUDI and Johanes, Sapri and Bayu, Insanistyo (2025) PENERAPAN METODE DRILL AND PRACTICE UNTUK MENINGKATKAN KESIAPAN DAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada Mata Pelajaran Penjaskes Gugus 3 SDN Gunung Megang). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Tesis] Archive (Tesis)
TESIS_BUDI RIYANTO_A2M022093 - Eva Aryani.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Penerapan
metode Drill and Practice dalam meningkatkan kesiapan belajar Penjaskes;
(2) Metode Drill and Practice dalam meningkatkan prestasi belajar; (3)
Efektifitas penerapan metode Drill and Practice dapat meningkatkan
kesiapan dan prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan
adalah Penelitian Tindakan Kelas dan Eksperimen. Subjek penelitian
adalah siswa kelas V Gugus 3 SDN Gunung Megang. Teknik pengumpulan
data menggunakan tes dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah
deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil dan
pembahasan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan
pembelajaran metode Drill and Practice dapat meningkatkan prestasi
belajar peserta didik mata pelajaran Penjaskes. Pada siklus 1 rata-rata
kesiapan belajar siswa 2,45 kategori kurang, meningkat menjadi 2,70
kategori baik pada siklus 2 meningkat 0,30. Pada siklus 3 meningkat lagi
menjadi 3,65 kategori sangat baik dengan peningkatan sebesar 0,95 dari
siklus 2; (2) Penerapan metode Drill and Practice dapat meningkatkan
kesiapan dan prestasi belajar siswa pelajaran Penjaskes. Terdapat
peningkatan nilai pre test dan post test dengan rata-rata sebesar 17,14; (3)
Penerapan metode Drill and Practice secara efektif meningkatkan kesiapan
dan prestasi belajar Penjaskes.
Kata Kunci: Metode Drill and Practice, Kesiapan Belajar, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 14 May 2025 02:56
Last Modified: 14 May 2025 02:56
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23449

Actions (login required)

View Item
View Item