Hermiyanti, Hermiyanti and Johanes, Sapri and Bayu, Insanistyo (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VI di SD Gugus 3 Gunung Megang). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Tesis [thumbnail of Tesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
TESIS_HERMIYANTI_A2M022097 - GIANI GIANI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan penerapan model
pembelajaran berbasis proyek terhadap motivasi belajar siswa kelas VI
dalam pelajaran IPA di SD Gugus 3 Gunung Megang, (2) Mendeskripsikan
penerapan model pembelajaran berbasis proyek terhadap prestasi belajar
siswa dalam mata pelajaran IPA di kelas VI SD Gugus 3 Gunung Megang,
(3) Mendeskripsikan seberapa efektif penerapan model pembelajaran
berbasis proyek dalam meningkatkan motivasi dan prestasi belajar pada
pelajaran IPA di kelas VI SD Gugus 3 Gunung Megang. Subjek penelitian
adalah siswa kelas VI SDN 14 Gunung Megang sebagai kelas PTK, Kelas
VI.A dan VI.B SDN 17 Gunung Megang sebagai kelas eksperimen dan
kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan lembar penilaian
dan tes prestasi belajar siswa. Analisis data yang digunakan nilai rata-rata
(mean) dan uji-t. Simpulan dari penelitian ini adalah : (1) Penerapan model
pembelajaran berbasis proyek yang tepat adalah tahapan didalam
pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar belajar siswa pada
mata pelajaran IPA, (2) Penerapan model pembelajaran berbasis proyek
yang tepat adalah tahapan didalam pembelajaran yang dapat
meningkatkan prestasi belajar belajar siswa pada mata pelajaran IPA, (3)
Penerapan model pembelajaran pembelajaran berbasis proyek yang tepat
terbukti efektif dapat meningkatkan motvasi belajar dan prestasi belajar
siswa kelas VI SD Gugus 3 Gunung Megang pada mata pelajaran IPA. Hal
ini dapat dilihat dari perbedaan tingkat prestasi belajar siswa yang
dilaksanakan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Proyek, Motivasi Belajar, Prestasi
Belajar, IPA, Kelas 6.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 14 May 2025 02:56 |
Last Modified: | 14 May 2025 02:56 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23451 |