PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PERHATIAN DAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada mata pelajaran Matematika siswa kelas 2 di SD Negeri 22 Muara Enim)

HAYATI, NELI and Bambang, Sahono and Bayu, Insanistyo (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PERHATIAN DAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada mata pelajaran Matematika siswa kelas 2 di SD Negeri 22 Muara Enim). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Tesis] Archive (Tesis)
TESIS_NELI HAYATI_A2M022101 - GIANI GIANI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: (1) Mendeskripsikan penerapan Model Pembelajaran
Kooperatif tipe Make A Match dalam meningkatkan Perhatian siswa. (2)
Mendeskripsikan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match
dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dan (3) Mendeskripsikan efektivitas Model
Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan prestasi belajar
Matematika siswa pada kelas 2 di SD Negeri 22 Muara Enim. Dalam penelitian ini
digunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilanjutkan dengan penelitian
Eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 2 SD Negeri 22 Muara Enim.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi
dan metode tes siswa. Analisis data yang digunakan nilai adalah(1) Analisis
kemampuan Perhatian, (2) Analisis Pre-test dan Post-test,(3) Analisis uji t Prestasi
Belajar Siswa. Instrumen validasi materi dan Perhatian siswa dalam penelitian yang
digunakan adalah model skala linkert. Simpulan dari penelitian ini adalah; (1)
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan
Perhatian siswa pada mata pelajaran Matematika.(2)Penerapan Model Pembelajaran
Kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata
pelajaran Matematika di SD Negeri 22 Muara Enim Tahun Pelajaran 2024/2025 dan (3)
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match efektif dalam
meningkatkan prestasi belajar siswa dibandingkan dengan model pembelajaran
konvensional.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Make A Match, Perhatian, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Educational Technology Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 14 May 2025 02:57
Last Modified: 16 Oct 2025 01:13
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23452

Actions (login required)

View Item
View Item
Link slot terpercaya situs slot gacor hari ini Situs Slot Gacor Dan Link Slot Maxwin slot gacor Situs Slot Thailand Lewat Link Slot Gacor situs slot gacor yang resmi dan terpercaya Situs Slot Gacor Malam Ini Dengan Slot Maxwin Situs Slot Gacor Slot777 Terpercaya Hari Ini