PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PERHATIAN DAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada mata pelajaran Matematika siswa kelas 2 di SD Negeri 22 Muara Enim)

HAYATI, NELI and Bambang, Sahono and Bayu, Insanistyo (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN PERHATIAN DAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada mata pelajaran Matematika siswa kelas 2 di SD Negeri 22 Muara Enim). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Tesis] Archive (Tesis)
TESIS_NELI HAYATI_A2M022101 - GIANI GIANI.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk: (1) Mendeskripsikan penerapan Model Pembelajaran
Kooperatif tipe Make A Match dalam meningkatkan Perhatian siswa. (2)
Mendeskripsikan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match
dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dan (3) Mendeskripsikan efektivitas Model
Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan prestasi belajar
Matematika siswa pada kelas 2 di SD Negeri 22 Muara Enim. Dalam penelitian ini
digunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilanjutkan dengan penelitian
Eksperimen. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 2 SD Negeri 22 Muara Enim.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah lembar observasi
dan metode tes siswa. Analisis data yang digunakan nilai adalah(1) Analisis
kemampuan Perhatian, (2) Analisis Pre-test dan Post-test,(3) Analisis uji t Prestasi
Belajar Siswa. Instrumen validasi materi dan Perhatian siswa dalam penelitian yang
digunakan adalah model skala linkert. Simpulan dari penelitian ini adalah; (1)
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan
Perhatian siswa pada mata pelajaran Matematika.(2)Penerapan Model Pembelajaran
Kooperatif tipe Make A Match dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata
pelajaran Matematika di SD Negeri 22 Muara Enim Tahun Pelajaran 2024/2025 dan (3)
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Make A Match efektif dalam
meningkatkan prestasi belajar siswa dibandingkan dengan model pembelajaran
konvensional.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Make A Match, Perhatian, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 14 May 2025 02:57
Last Modified: 14 May 2025 02:57
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23452

Actions (login required)

View Item
View Item