PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN DAYA KOLABORASI DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran Projek Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Siswa Kelas X Desain Komunikasi Visual SMKN 1 Kota Bengkulu)

Rosni, Rosni and Johanes, Sapri and Buyung, Buyung (2025) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN DAYA KOLABORASI DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran Projek Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial Siswa Kelas X Desain Komunikasi Visual SMKN 1 Kota Bengkulu). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Tesis] Archive (Tesis)
TESIS_ROSNI_Rev.1 (1) - Rosni Bengkulu.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model
Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan daya kolaborasi dan
prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Projek IPAS kelas X DKV di
SMKN 1 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan
Kelas yang dilanjutkan kuasi eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa
kelas X DKV 1 SMKN 1 Kota Bengkulu yang berjumlah berjumlah 32 siswa,
sedangkan kelas X DKV 2 sebagai kelas eksperimen berjumlah 32 siswa dan
kelas X DKV 3 sebagai kelas kontrol berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data
menggunakan lembar observasi aktifitas guru dalam menerapkan model
pembelajaran, daya kolaborasi, dan tes tertulis untuk mengukur prestasi
belajar siswa. Analisis data menggunakan skor rata-rata dan uji-t yang terdiri
dari uji beda antar siklus dan uji beda dua sampel yang tidak berhubungan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Project Based
Learning (PjBL) dapat meningkatkan daya kolaborasi dan prestasi belajar
serta efektifitas prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Projek IPAS kelas
X DKV SMKN 1 Kota Bengkulu.
Kata Kunci : Model Project Based Learning, Daya Kolaborasi, Prestasi
Belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 14 May 2025 02:57
Last Modified: 14 May 2025 02:57
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23453

Actions (login required)

View Item
View Item