PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CANVA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV Di SDN Gunung Megang)

Pratama, Vina Harvenada and Bambang, Sahono and Johanes, Sapri (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS CANVA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV Di SDN Gunung Megang). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Tesis] Archive (Tesis)
TE9DD0~1.PDF - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran
interaktif berbasis Canva dan mendeskripsikan kelayakan serta
keefektifan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV pada mata
pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SDN Gunung Megang. Model
pengembangan yang digunakan adalah ADDIE, yang terdiri dari lima
tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation.
Tahap Analysis mengidentifikasi kebutuhan pembelajaran yang interaktif
dan menarik untuk meningkatkan prestasi siswa. Pada tahap Design,
dirancang media pembelajaran interaktif berbasis Canva yang menyajikan
materi IPA dengan elemen visual yang menarik dan interaktif. Media
dikembangkan pada tahap Development, kemudian diimplementasikan
dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas IV pada tahap
Implementation. Evaluasi dilakukan untuk mengukur kelayakan dan
keefektifan pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Canva
untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menyatakan
bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Canva dalam
pembelajaran secara signifikan meningkatkan prestasi belajar siswa, serta
memotivasi siswa untuk lebih aktif lagi dalam proses pembelajaran. Media
ini terbukti layak dan efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa
terhadap materi IPA.
Kata Kunci: Pembelajaran Interaktif, Canva, ADDIE, Prestasi Belajar, IPA,
Kelas IV

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 14 May 2025 02:57
Last Modified: 14 May 2025 02:57
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23455

Actions (login required)

View Item
View Item