PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SOCIAL SIMULATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA DAN MENULIS SISWA (Studi Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Kelas VII SMP N 3 Kota Bengkulu Tahun Pelajaran 2023/2024)

Bakri, Delliani and Riyanto, Riyanto and Eko, Risdianto (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SOCIAL SIMULATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA DAN MENULIS SISWA (Studi Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Kelas VII SMP N 3 Kota Bengkulu Tahun Pelajaran 2023/2024). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Tesis] Archive (Tesis)
TESIS DELLIANI BAKRI - FINAL - PERPUS UNIB.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (25MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : untuk mendeskripsikan kemampuan
berbicara siswa kelas VII DI SMPN 3 Kota Bengkulu, mendiskripsikan
kemampuan menulis pada mata pelajaran bahasa inggris siswa kelas VII DI
SMPN 3 Kota Bengkulu, dan untuk mendeskripsikan efektifitas penerapan
model pembelajaran social simulation dapat meningkatkan kemampuan
berbicara dan kemampuan menulis pada mata pelajaran bahasa inggris
siswa kelas VII DI SMPN 3 Kota Bengkulu. Penelitian yang dilakukan adalah
penelitian tindakan kelas yang dipadukan dengan kuasi eksperimen. Subyek
penelitian tindakan kelas adalah siswa kelas VII di SMPN 3 Kota Bengkulu
sebanyak 60 siswa, terdiri atas 20 laki-laki dan 40 perempuan. Populasi
dalam penelitian eksperimen adalah seluruh siswa kelas VII di SMPN 3 Kota
Bengkulu. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.1 (kelas
ekperimen) dan kelas VII.2 (kelas kontrol). Banyaknya siswa kelas
eksperimen sebanyak 30 siswa, terdiri dari 13 laki-laki dan 17 perempuan
sedangkan banyaknya siswa kelas kontrol sebanyak 30 siswa, terdiri dari 16
laki-laki dan 14 perempuan. Hasil penelitian ini menjukkan bahwa: penerapan
model pembelajaran simulasi sosial berimplikasi peningkatan keterampilan
berbicara siswa di SMPN 3 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2023/2024,
penerapan model pembelajaran simulasi sosial berimplikasi peningkatan
keterampilan menulis siswa di SMPN 3 Kota Bengkulu tahun pelajaran
2023/2024 dan penerapan model simulasi sosial efektif untuk meningkatkan
keterampilan berbicara dan menulis siswa di SMPN 3 Kota Bengkulu tahun
pelajaran 2023/2024, karena dari hasil penilaian kognitif peserta didik
mengalami kenaikan secara signifikan.
Kata Kunci: Model pembelajaran social simulation, kemampuan berbicara,
dan menulis siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Postgraduate Program > Master of Educational Technology Program
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 15 May 2025 03:14
Last Modified: 16 Oct 2025 01:31
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23465

Actions (login required)

View Item
View Item
Link slot terpercaya situs slot gacor hari ini Situs Slot Gacor Dan Link Slot Maxwin slot gacor Situs Slot Thailand Lewat Link Slot Gacor situs slot gacor yang resmi dan terpercaya Situs Slot Gacor Malam Ini Dengan Slot Maxwin Situs Slot Gacor Slot777 Terpercaya Hari Ini