PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR SENI MUSIK (Studi Pada Siswa kelas X SMA Sint Carolus Bengkulu)

Graita, Oky Anggara and Alexon, Alexon and Bayu, Insanistyo (2025) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR SENI MUSIK (Studi Pada Siswa kelas X SMA Sint Carolus Bengkulu). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Tesis] Archive (Tesis)
TESIS Oky Anggara Graita_PERPUSTAKAAN UNIB - edo oky.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan
kerjasama siswa pada pembelajaran seni musik di SMA Sint Carolus
Bengkulu dengan menggunakan Model Project Based Learning, untuk
mendeskripsikan Prestasi belajar siswa pada pembelajaran seni musik di
SMA Sint Carolus Bengkulu dengan menggunakan Model Project Based
Learning, untuk mendeskripsikan efektifitas penerapan Model Project
Based Learning terhadap kerjasama dan Prestasi belajar siswa pada
pembelajaran seni musik di SMA Sint Carolus Bengkulu. Penelitian yang
dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dipadukan dengan kuasi
eksperimen. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XB (kelas
ekperimen) dan kelas XA (kelas kontrol). Banyaknya siswa kelas
eksperimen sebanyak 26 siswa, terdiri dari 12 laki-laki dan 14 perempuan
sedangkan banyaknya siswa kelas kontrol sebanyak 25 siswa, terdiri dari
11 laki-laki dan 14 perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian
ini menggunakan lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi
Kerjasama siswa dan prestasi belajar melalui pre-test dan post-test.
Teknik analisis data menggunakan analisis aktivitas guru, analisis aktivitas
siswa dan analisis prestasi belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa: penerapan model Project Based Learning peningkatan kerjasama
siswa di SMA Sint Carolus Bengkulu tahun pelajaran 2023/2024,
penerapan model Project Based Learning peningkatan Prestasi belajar
siswa di SMA Sint Carolus Bengkulu tahun pelajaran 2023/2024 dan,
penerapan model Project Based Learning efektifitas peningkatan Prestasi
belajar siswa di SMA Sint Carolus Bengkulu tahun pelajaran 2023/2024,
karena dari hasil penilaian kognitif peserta didik mengalami kenaikan
secara signifikan.
Kata Kunci: Model Project Based Learning, kemampuan kerjasama, dan
prestasi belajar siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 15 May 2025 03:13
Last Modified: 15 May 2025 03:13
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23469

Actions (login required)

View Item
View Item