PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN DISIPLIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri Arga Makmur)

Asmirna, Nora and Riyanto, Riyanto and Eko, Risdianto (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN DISIPLIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri Arga Makmur). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Tesis] Archive (Tesis)
Nora Asmirna_A2M022034_PERPUS UNIB - Norra As Bachtiar.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian: (1) Untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar
Sejarah antara peserta didik yang menggunakan model pembelajaran
kooperatif tipe Jigsaw dan peserta didik yang menggunakan model tipe
Studen Teams Achievement Divisions (STAD), (2) Untuk mengetahui
pengaruh antara Disiplin Tinggi dan Disiplin Rendah terhadap Prestasi
Belajar, dan (3) untuk mengetahui ada tidaknya interaksi antara Model
Pembelajaran Kooperatif dan Disiplin terhadap prestasi belajar Sejarah.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 11 Bengkulu Utara dan
SMAN 13 Bengkulu Utara Tahun Pelajaran 2023/2024. Populasi penelitian
ini adalah seluruh kelas XI IPS dari populasi tersebut dipilih 2 kelas secara
random sampling sebagai sampel penelitian, satu kelas sebagai kelompok
perlakuan I yang diajar dengan pembelajaran tipe Jigsaw dan ke;ompok
perlakuan II diajar dengan pembelajaran Studen Teams Achievement
Divisions (STAD). Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini
adalah ANAVA 2x2 faktorial. Hasil penelitian ini adalah:Penerapan model
pembelajaran Studen Teams Achievement Divisions (STAD) dan Jigsaw
terdapat perbedaan terhadap prestasi belajar peserta didik, terdapat
pengaruh antara disiplin tinggi dan disiplin rendah terhadap prestasi belajar
sejarah,dan terdapat interaksi antara model pembelajaran kooperatif dan
disiplin terhadap prestasi belajar Sejarah
Kata kunci: Model Kooperatif Tipe Jigsaw dan Studen Teams Achievement
Divisions (STAD), Disiplin, Prestasi Belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 19 May 2025 04:08
Last Modified: 19 May 2025 04:08
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23479

Actions (login required)

View Item
View Item