Bakri, Delliani and Riyanto, Riyanto and Eko, Risdianto (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SOCIAL SIMULATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA DAN MENULIS SISWA (Studi Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Kelas VII SMP N 3 Kota Bengkulu Tahun Pelajaran 2023/2024). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Tesis [thumbnail of Tesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS DELLIANI BAKRI - FINAL - PERPUS UNIB.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (25MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : untuk mendeskripsikan kemampuan
berbicara siswa kelas VII DI SMPN 3 Kota Bengkulu, mendiskripsikan
kemampuan menulis pada mata pelajaran bahasa inggris siswa kelas VII DI
SMPN 3 Kota Bengkulu, dan untuk mendeskripsikan efektifitas penerapan
model pembelajaran social simulation dapat meningkatkan kemampuan
berbicara dan kemampuan menulis pada mata pelajaran bahasa inggris
siswa kelas VII DI SMPN 3 Kota Bengkulu. Penelitian yang dilakukan adalah
penelitian tindakan kelas yang dipadukan dengan kuasi eksperimen. Subyek
penelitian tindakan kelas adalah siswa kelas VII di SMPN 3 Kota Bengkulu
sebanyak 60 siswa, terdiri atas 20 laki-laki dan 40 perempuan. Populasi
dalam penelitian eksperimen adalah seluruh siswa kelas VII di SMPN 3 Kota
Bengkulu. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII.1 (kelas
ekperimen) dan kelas VII.2 (kelas kontrol). Banyaknya siswa kelas
eksperimen sebanyak 30 siswa, terdiri dari 13 laki-laki dan 17 perempuan
sedangkan banyaknya siswa kelas kontrol sebanyak 30 siswa, terdiri dari 16
laki-laki dan 14 perempuan. Hasil penelitian ini menjukkan bahwa: penerapan
model pembelajaran simulasi sosial berimplikasi peningkatan keterampilan
berbicara siswa di SMPN 3 Kota Bengkulu tahun pelajaran 2023/2024,
penerapan model pembelajaran simulasi sosial berimplikasi peningkatan
keterampilan menulis siswa di SMPN 3 Kota Bengkulu tahun pelajaran
2023/2024 dan penerapan model simulasi sosial efektif untuk meningkatkan
keterampilan berbicara dan menulis siswa di SMPN 3 Kota Bengkulu tahun
pelajaran 2023/2024, karena dari hasil penilaian kognitif peserta didik
mengalami kenaikan secara signifikan.
Kata Kunci: Model pembelajaran social simulation, kemampuan berbicara,
dan menulis siswa
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 19 May 2025 04:16 |
Last Modified: | 19 May 2025 04:16 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23481 |