Nahampun, Endang Wati and Riyanto, Riyanto and Bambang, Sahono (2025) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN PRESTASI BELAJAR (Studi Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI di SMA Negeri 6 Kota Bengkulu). Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Tesis [thumbnail of Tesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
TESIS_ENDANG WATI NAHAMPUN(A2M022017) - Endangwati Nahampun.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (5MB)
Abstract
Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan penerapan dan efektivitas
model Problem Based Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir
kritis dan prestasi belajar Geografi siswa di kelas XI IS SMA Negeri 6 Kota
Bengkulu. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) dan Kuasi Eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas
XI IS SMA Negeri 6 Kota Bengkulu semester genap tahun pelajaran
2023/2024. Melalui teknik total sampling diperoleh sampel kuasi
eksperimen adalah kelas XI IS SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Instrumen
penelitian menggunakan lembar observasi dan tes. Data penelitian
dianalisis dengan statistik deskriptif, rata-rata (mean) dan uji-t. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning
dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan prestasi belajar siswa
kelas XI SMA Negeri 6 Kota Bengkulu.
Kata kunci : Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Prestasi Belajar
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 19 May 2025 07:53 |
Last Modified: | 19 May 2025 07:53 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23490 |