PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi pada Pelajaran PPKN kelas VIII di SMPN 4.B.U)

WAHYUDHI, BEZI and Johanes, Sapri and Buyung, Buyung (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi pada Pelajaran PPKN kelas VIII di SMPN 4.B.U). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Tesis] Archive (Tesis)
UNTUK PERPUSTAKAAN PAK BEZI ok ok (1) - Bezi wahyudi Yudi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar siswa
pada mata pelajaran Pkn siswa kelas 8 dan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran
pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write terhadap prestasi belajar siswa. Desain
penelitian yang digunakan adalah populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMPNegeri
4 Bengkulu Utara tahun pelajaran 2023/ 2024 sampel tindakan kelas adalah siswa kelas
VIII dan sampel untuk kelas control adalah siswa kelas VIII(d ) sampel penelitian quasi
eksperimen adalah kelas VIIId. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar
observasi dan tes. Data penelitian kemudian dianalisis dengan menggunakan statistic
deskriptif, mean, persentase dan uji-t. hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan
model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write efektif dalam meningkatkan Prestasi
belajar siswa kelas 8 siswa SMPNegeri 4 Bengkulu Utara.
Kata kunci : Think Talk Write, partisipas siswa,prestasi belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 19 May 2025 08:00
Last Modified: 19 May 2025 08:00
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23492

Actions (login required)

View Item
View Item