PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT BERBANTUAN E-LKPD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR LOGIS DAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada mata pelajaran Dasar – Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga siswa kelas X AKL, SMK Negeri di Kabupaten Rejang Lebong )

Heriyanty, Venty and Bambang, Sahono and Buyung, Buyung (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT ATTAINMENT BERBANTUAN E-LKPD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR LOGIS DAN PRESTASI BELAJAR (Studi pada mata pelajaran Dasar – Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga siswa kelas X AKL, SMK Negeri di Kabupaten Rejang Lebong ). Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Tesis] Text (Tesis)
VENTY HERIYANTY- S2 TEKNOLOGI PENDIDIKAN - venty heriyanty.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir logis dan
pretastasi belajar siswa kelas X pada mata pelajaran dasar-dasar akuntansi
dan keuangan lembaga dengan menggunakan model pembelajaran
concept attainment. Metode yang digunakan adalah Quasi-Eksperimental
dengan desain Non-equivalent Control Group Design dan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun
ajaran 2023/2024 dari bulan Februari hingga April 2024. Subjek penelitian
terdiri dari dua kelas: kelas eksperimen yang menggunakan model
pembelajaran concept attainment berbantuan E-LKPD dan kelas kontrol
yang menggunakan mdel pembelajaran konvensional. Data diperoleh
melalui tes kemampuan berpikir logis dan tes prestasi belajar yang
dilakukan sebelum dan sesudah perlakuan. Kegiatan PTK dilakukan dalam
dua siklus yang mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi,
dan refleksi.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan
pada kemampuan berpikir logis dan prestasi belajar siswa di kelas
eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Kegiatan PTK
menunjukkan bahwa implementasi model concept attainment berbantuan
E-LKPD melalui dua siklus mampu meningkatkan keterlibatan siswa dalam
pembelajaran dan memperbaiki strategi pembelajaran berdasarkan umpan
balik dari siklus sebelumnya. Kesimpulannya, penerapan model
pembelajaran concept attainment berbantuan E-LKPD efektif dalam
meningkatkan kemampuan berpikir logis dan prestasi belajar siswa. Model
pembelajaran ini direkomendasikan untuk diterapkan dalam pembelajaran
mata pelajaran lainnya guna meningkatkan hasil belajar siswa secara
keseluruhan.
Kata kunci : concept attainment, E-LKPD, kemampuan berpikir logis,
pretasi belajar, dasar-dasar akuntansi dan keuangan
lembaga

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 19 May 2025 08:03
Last Modified: 19 May 2025 08:03
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23493

Actions (login required)

View Item
View Item