RIZA, DISMA and Agus, Susanta and Osa, Juarsa (2025) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN MAGIC STRAWS PADA MATERI BANGUN RUANG TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Tesis [thumbnail of Tesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Bebas Perpus UNIB DISMA RIZA - Disma Riza.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Rendahnya kemampuan berpikir kreatif disebabkan oleh kurang efektifnya
pembelajaran yang dilakukan guru. Diperlukan suatu model yang dapat membantu
untuk mencapai hasil yang diinginkan. Penggunaan model Discovery learning
dapat menjadi sebuah inovasi dalam pembelajaran materi bangun ruang dengan
bantuan media Magic straws karena membawa siswa pada benda konkret dan
mendapatkan pengalaman langsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh model Discovery learning berbantuan Magic straws
terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian
kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode eksperimental. Desain
penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dengan jenis desain The
Matching Only Pretest Posttest Control Group Design. Subyek dalam penelitian
ini terbagi menjadi dua kelompok, siswa kelas VC sebagai kelompok eksperimen
dan siswa kelas VA sebagai kelompok kontrol. Ada dua instrumen yang
digunakan, yaitu pedoman observasi dan tes kemampuan berpikir kreatif dengan
bentuk soal uraian yang diberikan melalui posttest setelah pembelajaran
berlangsung. Tes dilakukan dua kali yaitu sebelum dan setelah memberikan
perlakuan (treatment) yaitu model Discovery learning berbantuan Magic straws
pada kelompok eksperimen. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan
menggunakan analisis data di lapangan, statistik deskriptif, uji prasyarat,
inferensial (uji-t), dan uji N-gain. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa
nilai rata-rata posttest pada kedua kelas yakni, kelas eksperiment 76,67 dan kelas
kontrol sebesar 67,67. Selain itu, berdasarkan hasil uji-t diperoleh nilai sig. (2-
tailed) sebesar 0,003 < 0,025. Uji N-gain menunjukkan skor sebesar 66% yng
masuk dalam kategori baik. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
yang signifikan pada taraf 5% model Discovery learning berbantuan Magic straws
terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.
Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kreatif, Magic Straws, Model Discovery
Learning
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 02:17 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 02:17 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23585 |