PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PJBL) KONTEKS LINGKUNGAN SEKOLAH MATERI PIKTOGRAM DAN DIAGRAM BATANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD

Ariska, Nova and Agus, Susanta and Osa, Juarsa (2025) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PJBL) KONTEKS LINGKUNGAN SEKOLAH MATERI PIKTOGRAM DAN DIAGRAM BATANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SD. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Tesis] Text (Tesis)
BEBAS PERPUS UNIB NOVA ARISKA (1)-dikompresi - Nova Ariska.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis Project Based
Learning (PJBL) pada materi piktogram dan diagram batang kelas IV Sekolah
Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model
pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation,
Evaluation). Subjek pada penelitian ini yaitu: 12 orang siswa dan 1 guru pada kelas
uji coba terbatas, 28 siswa dan 1 guru pada kelas kontrol, 28 siswa dan 1 guru pada
kelas eksperimen. Serta 2 orang ahli materi, 2 orang ahli bahasa, 2 orang ahli
desain. Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan
data menggunakan metode, wawancara, angket dan tes. Analisis data yang
digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif.
Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut (a) hasil validasi ahli
materi sebesar 0,85 dengan kategori sangat valid dan rata-rata persentase
reliabilitasnya sebesar 83% dengan kategori sangat kuat. (b) hasil validasi ahli
bahasa sebesar 0,86 dengan kategori sangat valid dan rata-rata persentase
reliabilitasnya sebesar 78% dengan kategori kuat. (c) hasil validasi ahli desain
sebesar 0,86 dengan kategori sangat valid dan rata-rata persentase reliabilitasnya
75% dengan kategori kuat. (d) hasil respon guru dan siswa sangat baik dengan
persentase 92% respon guru dan 91% respon siswa. Rata-rata nilai N-Gain kelas
eksperimen 66% yang artinya efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jadi
simpulan dari penelitian ini yaitu LKPD berbasis PJBL konteks lingkungan sekolah
layak digunakan, memiliki respon yang sangat baik dan dapat meningkatkan hasil
belajar siswa.
Kata Kunci : LKPD, PJBL, lingkungan sekolah, hasil belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 03 Jun 2025 02:17
Last Modified: 03 Jun 2025 02:17
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23586

Actions (login required)

View Item
View Item