DAHLIA, INTAN and Gumono, Gumono and Osa, Juarsa (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READ ANSWER DISCUSS EXPLAIN CREATE (RADEC) BERBANTUAN KARTU KATA PADA MATERI PANTUN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PANTUN BAHASA REJANG DAN LITERASI BUDAYA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Masters thesis, Universitas Bengkulu.
![Tesis [thumbnail of Tesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
Tesis Intan Dahlia (1) full - Intan Dahlia.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model
pembelajaran RADEC terhadapa keterampilan menulis pantun dan kemampuan
literasi budaya siswa kelas V SD. Jenis penelitian ini kuantitatif metode penelitian
yang digunakan adalah quasy eksperiment dengan desain nonekuivalen control
group design terhadap dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok
kontrol. Sampel penelitian yang diperoleh adalah SD Negeri 04 dan 09 Tebat
Karai. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes tertulis berupa tes isian.
Data hasil penelitian ini menggunakan inferensial yaitu uji-t dan uji korelasi. Hasil
penelitian menunjukkan hasil uji-t dengan thitung pada keterampilan menulis
pantun sebesar 8,87, pada kemampuan literasi budaya sebesar 4,55, nilai thitung
yang didapatkan lebih dari ttabel, maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh
penggunaan model pembelajaran RADEC terhadap keterampilan menulis pantun
bahasa Rejang dan literasi budaya s. Dan nilai rhitung keterampilan menulis pantun
bahasa Rejang dengan literasi budaya sebesar 0,5 dengan taraf signifikansi α=5%
rtabel sebesar 0,361. Karena rhitung > rtabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat
hubungan antara keterampilan menulis pantun bahasa Rejang dan literasi budaya
siswa kelas V SD.
Kata Kunci: Model Pembelajaran RADEC, Pantun, Literasi Budaya
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 02:17 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 02:17 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23593 |