PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA NASKAH DRAMA BERBASIS CERITA RAKYAT KAUR UNTUK SISWA SMP

Yenti, Sintami Efrida and Sarwit, Sarwono and Noermanzah, Noermanzah (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA NASKAH DRAMA BERBASIS CERITA RAKYAT KAUR UNTUK SISWA SMP. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Tesis] Text (Tesis)
Tesis Sintami - Shintami Efrida yenti UMB.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (4MB)

Abstract

Tujuan umum penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar membaca
naskah drama berbasis Cerita Rakyat Kaur yang sesuai dengan
kebutuhan guru dan siswa di SMP Negeri Kaur”. Secara khusus meliputi
(1) Mendeskripsikan hasil analisis kebutuhan guru dan siswa terhadap
bahan ajar membaca naskah drama berbasis Cerita Rakyat Kaur di SMP
Negeri Kaur. (2) Mendeskripsikan hasil pengembangan desain bahan ajar
membaca naskah drama berbasis Cerita Rakyat Kaur di SMP Negeri
Kaur. (3) Mengetahui kelayakan hasil pengembangan bahan ajar
membaca naskah drama berbasis Cerita Rakyat Kaur di SMP Negeri
Kaur. (4) Mengetahui hasil implementasi bahan ajar membaca naskah
drama berbasis Cerita Rakyat Kaur di SMP Negeri Kaur dari respon siswa.
Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (R&D).
Model pengembangan bahan ajar yang digunakan adalah 4D,
pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop)
dan diseminasi (disseminate). Desian Uji coba meliputi (Uji Desain
terbatas dan Uji subjek terbatas dan meluas). Teknik pengumpulan data
menggunakan wawancara, angket (Koesioner dan respon). Teknik
analisis data meliputi analisis data angket, analisis data validasi ahli, dan
analisis data kepratisan (respon pengguna bahan ajar). Data penelitian ini
adalah data tes dan non tes. Hasil Penelitian menunjukan bahan ajar
membaca naskah drama berbasis cerita rakyat Kaur layak dan efektif
digunakan. Kelayakan ini ditunjukan dengan dengan hasil kelayakan
desain 76% kategori valid, kelayakan bahasa 60% kategori valid dan
kelayakan materi 76% kategori valid dengan hasil kelayakan keseluruhan
70,8% dikategorikan valid, sehingga bahan ajar telah efektif digunakan.
Berdasarkan hasil penelitian pengembangan bahan ajar membaca naskah
drama berbasis Cerita Rakyat Kaur telah layak digunakan di SMP Negeri
Kaur.
Kata kunci: Bahan ajar, naskah drama, cerita rakyat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 03 Jun 2025 03:23
Last Modified: 03 Jun 2025 03:23
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23611

Actions (login required)

View Item
View Item