PEMBELAJARAN KONSEP HIDROKARBON TERINTEGRASI PIROLISIS SAMPAH PLASTIK BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN

FANNYDA, RAIDATUL and Euis, Nursaadah and Aceng, Ruyani (2025) PEMBELAJARAN KONSEP HIDROKARBON TERINTEGRASI PIROLISIS SAMPAH PLASTIK BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Tesis] Archive (Tesis)
TESIS - Raidatul Fannyda - A2L020004 (1) - Raidatul Fannyda.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan dan mendeskripsikan bahan ajar
konsep hidrokarbon terintegrasi pirolisis sampah plastik berbasis STEM (Science,
Technology, Engineering, and Mathematic). Penelitian ini merupakan penelitian
pengembangan model ADDIE yang meliputi analisis, desain, pengembangan,
implementasi, dan evaluasi. Peneliti melakukan analisis konsep hidrokarbon
terintegrasi pirolisis sampah plastik jenis Polietilen Tereftalat (PET) dari gelas dan
botol kemasan air mineral serta PET berlapis logam dari kemasan makanan ringan
yang sampahnya banyak ditemukan di lingkungan madrasah. Senyawa
hidrokarbon dari hasil pirolisis sampah plastik diidentifikasi menggunakan
instrumen kromatografi gas 3 spektrometri massa (GC-MS) dengan perolehan 78
komponen senyawa (area komponen senyawa terbanyak adalah 5-metil-1-heptena
dan 1-tridekanol) dari plastik Polietilen Tereftalat (PET) dan 57 komponen
senyawa (area komponen senyawa terbanyak adalah 3-metil-5-undekena dan 1-
tridekanol) dari sampah plastik PET berlapis logam. Bahan ajar yang didesain dan
dikembangkan pada penelitian ini adalah dalam bentuk modul dan video
pembelajaran. Berdasarkan hasil uji validasi, modul dan video pembelajaran yang
telah dikembangkan memperoleh kategori sangat layak dari masing-masing
validator ahli materi dan ahli media. Kemudian hasil uji kepraktisan dari guru
untuk video pembelajaran memenuhi kriteria praktis dan modul pembelajaran
memenuhi kriteria sangat praktis untuk digunakan. Sedangkan hasil uji
kepraktisan dari siswa memenuhi kriteria sangat praktis baik untuk modul maupun
video pembelajaran. Pengetahuan lingkungan siswa mengalami peningkatan
setelah menggunakan bahan ajar konsep hidrokarbon terintegrasi pirolisis sampah
plastik berbasis STEM dengan skor N-Gain 0,6732 (kategori sedang) dan
persentase rata-rata siswa yang menunjukkan sikap peduli lingkungan adalah
84,75% dengan kategori baik.
Kata Kunci: Konsep Hidrokarbon, Pengetahuan Lingkungan, Pirolisis Sampah
Plastik, Sikap Peduli Lingkungan, dan STEM

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 04 Jun 2025 02:53
Last Modified: 04 Jun 2025 02:53
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23613

Actions (login required)

View Item
View Item