PENGEMBANGAN MODUL IPA SUHU DAN KALOR BERBASIS SETS (Science, Environment, Technology and Society) TERINTEGRASI PIROLISIS TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT UNTUK MEMBEKALKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK SMP

SARI, FRISA RAHMAH and Afrizal, Mayub and Euis, Nursaadah (2025) PENGEMBANGAN MODUL IPA SUHU DAN KALOR BERBASIS SETS (Science, Environment, Technology and Society) TERINTEGRASI PIROLISIS TANDAN KOSONG KELAPA SAWIT UNTUK MEMBEKALKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK SMP. Masters thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Tesis] Archive (Tesis)
Tesis Frisa Rahmah Sari (A2L021010)_compressed - Frisa Rahma Sari.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Bahan ajar merupakan salah satu sumber pendukung proses pembelajaran di kelas.
Modul berbasis SETS (Science, Environment, Technology and Society) dapat
digunakan sebagai alternatif sumber belajar yang menyajikan unsur sains (suhu dan
kalor), lingkungan (permasalahan limbah TKKS), teknologi (pirolisis) dan
masyarakat (dampak penggunaan teknologi) sebagai sesuatu yang saling terhubung
antara yang satu dengan yang lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk : 1)
mendeskripsikan karakteristik produk bio-oil hasil pirolisis TKKS yang berpotensi
digunakan sebagai biopestisida, 2) mendeskripsikan kelayakan modul IPA berbasis
SETS terintegrasi pirolisis Tandan Kosong Kelapa Sawit (TKKS) yang
dikembangkan, serta 3) mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah peserta
didik setelah menggunakan modul IPA berbasis SETS terintegrasi pirolisis TKKS
yang dikembangkan. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian R&D
(Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE
(Analysis, Design, Develop, Implementation and Evaluation). Pada tahap analysis,
dilakukan analisis potensi pengolahan limbah TKKS menjadi biopestisida, analisis
materi IPA yang sesuai dengan konteks pirolisis TKKS, dan analisis kebutuhan
pengembangan bahan ajar. Tahap design, merancang desain modul IPA berbasis
SETS terintegrasi pirolisis TKKS, instrumen soal tes kemampuan pemecahan
masalah, instrumen validasi modul dan validasi soal tes, serta instrumen angket
respon peserta didik. Pada tahap develop, dilakukan pengembangan produk dan soal
tes, uji kelayakan produk dan soal tes. Tahap implementation, dilakukan
implementasi terhadap modul yang telah divalidasi. Evaluation dilakukan pada
setiap tahap pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik Bio
Oil hasil pirolisis TKKS mengandung asam asetat 1,12% - 2,14% dan senyawa
fenolik 1,04% - 3,87%, nilai pH sebesar 4,09 - 4,34 serta rendemen 29.63% - 100%.
Berdasarkan standar mutu produk Bio Oil untuk biopestisida yang telah ditetapkan
oleh Standar Nasional Indonesia (SNI), maka bio oil hasil pirolisis TKKS
berpotensi dijadikan sebagai biopestisida. Berdasarkan hasil analisis kelayakan
produk menggunakan Content Validity Ratio (CVR), diperoleh nilai kritis setiap
butir penilian adalah 1. Hasil uji coba lapangan menunjukkan kemampuan
pemecahan masalah peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas
kontrol dengan nilai Sig. (2-tailed) 0,001 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa
Modul IPA berbasis SETS pada materi Suhu dan Kalor Terintegrasi Pirolisis TKKS
dinyatakan layak sebagai bahan ajar untuk membekalkan kemampuan pemecahan
masalah peserta didik.
Kata Kunci : Modul berbasis SETS, Pemecahan Masalah, Pirolisis, TKKS

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 04 Jun 2025 02:53
Last Modified: 04 Jun 2025 02:53
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23615

Actions (login required)

View Item
View Item