PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASI MENGGUNAKAN MEDIA KORAN SISWA KELAS VIII SMPN 22 KOTA BENGKULU

Erwin, Erwin and Didi, Yulistio and Agus, Joko Purwadi (2025) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASI MENGGUNAKAN MEDIA KORAN SISWA KELAS VIII SMPN 22 KOTA BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Skripsi] Archive (Skripsi)
ERWIN (A1A0171110 - Erwin Aylward.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (1MB)

Abstract

Tim peneliti di SMPN Kota Bengkulu memutuskan untuk mencari
tahu bagaimana siswa kelas delapan di sana belajar menulis teks meyakinkan
dengan menganalisis artikel koran. Pendekatan deskriptif kualitatif
digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan di SMPN 22 Kota
Bengkulu dari 3 – 27 Januari 2022, selama semester langka tahun 2022.
Siswa kelas VIIIB dan instruktur bahasa Indonesia mereka di SMPN 22 Kota
Bengkulu memberikan data verbatim dan tindakan yang digunakan untuk
menganalisis proses pelatihan siswa untuk menulis komposisi yang
meyakinkan. Data dikumpulkan melalui penggunaan metode observasi.
Instrumen penelitian menggunakan pedoman pengamatan pembelajaran
mencakup aspek (1) tahap pendahuluan, (2) tahap inti pembelajaran, dan (3)
tahap penutup. Teknik analisis data menggunakan pendekatan kualitatif
dengan tahapan analisis meliputi mengamati proses pembelajaran dan
mencatat permasalahan, mentabulasi data sesuai permasalahan,
mengelompokkan data sesuai masalah, menganalisis data sesuai
permasalahan, dan menarik simpulan hasil penelitian. Hasil penelitian dapat
dikemukakan bahwa pembelajaran menulis persuasi menggunakan media
koran siswa sudah sesuai tahapan proses pelaksanaan pembelajaran
mencakup (1) tahap pendahuluan meliputi guru bahasa Indonesia membuka
pelajaran dengan salam, siswa berdoa sebelum belajar, dan melakukan
apersepsi materi pembelajaran sebelumnya, (2) tahap inti pembelajaran
menulis teks persuasi menggunakan koran meliputi guru bahasa Indonesia
menyampai tujuan pembelajaran, meminta siswa menulis teks persuasi
menggunakan koran secara berkelompok dan menyampaikan hasilnya di
depan kelas dan diakhir pembelajaran guru meminta siswa untuk
memperdalam materi menulis teks persuasi, dan (3) tahap penutup meliputi
kegiatan menyimpulkan hasil pembelajaran, guru minta satu siswa untuk
menyampaikan ringkasan hasil materi pembelajaran, guru melakukan refleksi
menyampaikan hal yang sudah dan yang belum dipelajari serta memberikan
tugas sesuai materi teks persuasi.
Kata Kunci: Pembelajaran, Menulis, Teks Persuasi, Koran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 11 Jun 2025 03:11
Last Modified: 11 Jun 2025 03:11
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23639

Actions (login required)

View Item
View Item