Aini, Kurata and Padi, Utomo and Rio, Kurniawan (2025) ANALISIS BUTIR SOAL BAHASA INDONESIA PADA EVALUASI PEMBELAJARAN SUMATIF AKHIR SEMESTER KELAS X DI SMA NEGERI 02 KOTA BENGKULU TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Skripsi [thumbnail of Skripsi]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
Kurata Aini A1A020108 - Kurata Aini.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas butir soal evaluasi
pembelajaran sumatif akhir semester pada mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk
kelas X di SMA Negeri 2 Kota Bengkulu. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini adalah deskriptif dengan pendekatan Kuantitatif. Data diperoleh dari hasil tes
akhir semester yang diikuti oleh 76 siswa kelas X7-X8. Analisis dilakukan
menggunakan perangkat lunak khusus untuk mengevaluasi validitas, reliabilitas,
tingkat kesulitan, daya beda, efektivitas pengecoh, dan analisis berdasarkan
taksonomi bloom revisi setiap butir soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari
40 butir soal yang dianalisis, 28 butir memiliki validitas yang tinggi, sementara 12
butir lainnya perlu direvisi. Reliabilitas tes mencapai angka 0,69 yang menunjukkan
tingkat konsistensi yang sedang. Dari sisi tingkat kesukaran, 35% butir soal
tergolong mudah, 45% sedang, dan 20% sukar. Analisis daya beda menunjukkan
bahwa 8 butir soal memiliki daya beda yang baik, 17 butir memiliki daya beda yang
cukup, sementara 15 butir perlu diperbaiki.
Untuk efektivitas pengecoh 7 butir soal dinyatakan tidak efektif, dan 33 butir soal
di nyatakan efektif. Analisis soal berdasarkan Taksonomi Bloom revisi menyatakan
butir soal Bahasa Indonesia kelas X SMA Negeri 2 Kota Bengkulu tergolong
kategori LOTS dengan 10% ranah kognitif berkategori C3 (Mengaplikasikan), dan
90% ranah kongnitif berkategori C1 (Mengetahui). Temuan ini memberikan
masukan bagi guru untuk meningkatkan kualitas butir soal dan memastikan bahwa
evaluasi pembelajaran dapat mengukur kemampuan siswa secara lebih akurat dan
adil.
Kata Kunci: Analisis Soal, Sumatif Akhir Semester, Validitas,
Reliabilitas, Tingkat Kesukaran, Daya Beda, Pengecoh
Soal, Ranah Kognititf
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 11 Jun 2025 03:11 |
Last Modified: | 11 Jun 2025 03:11 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23645 |