Putra, Shobery Yulanda and Nusril, Nusril and Reflis, Reflis (2023) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN MELON PREMIUM DI KOTA BENGKULU (STUDI KASUS PADA PERUSAHAAN TOBOPONIK KOTA BENGKULU). Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
SKRIPSI Shobery UNIB - Yi Shoyura.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (2MB)
Abstract
Toboponik adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pertanian. Produk
yang ditawarkan oleh Toboponik berupa melon premium. Melon yang ditawarkan
Toboponik memiliki harga yangjauh lebih tinggi dibandingkan harga melon umumnya.
Walaupun demikian Toboponik selalu berhasil menjual habis seluruh melon yang mereka
tawarkan. Tujuan penelitian ini adalah ;1) Mengidentifikasi strategi pemasaran melon yang
diterapkan oleh Toboponik; 2) Menganalisis bauran pemasaran 4P Melon oleh Toboponik.
Penelitian ini dilaksanakan selama April-Mei 2023 di Perusahaan Toboponik Kota
Bengkulu. Data diambil dari dalam dan luar perusahaan. Dari dalam perusahaan, data
diambil dengan cara wawancara terhadap pemilik dan seorang karyawan Toboponik,
sedangkan data dari luar diambil dari 25 orang reponden yang memenuhi kriteria sampel.
Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan kuantitatif melalui Importance
Performance Analysis (IPA).
Hasil analisis menunjukkan bahwa Toboponik menerapkan strategi Segmenting,
Targeting, dan Positioning (STP) untuk memasarkan melon premium. Dari analisis
Importance Performance Analysis (IPA), Melon premium Toboponik memiliki kesan yang
baik bagi pelanggannya. Atribut yang memiliki tingkat kepentingan yang tinggi dan
memiliki kinerja yang juga tinggi antara lain, Atribut Rasa, kecepatan pengiriman,
kemudahan pembayaran, pelayanan, dan garansi manis. Beberapa atribut yang dianggap
penting namun kurang memuaskan adalah, ketersediaan melon, kebersihan tempat,
kesesuaian harga, keterjangkauan harga, potongan harga, dan promosi melalui Instagram.
Atribut-atribut yang dianggap berlebihan bagi konsumen antara lain kesempurnaan bentuk,
kecerahan warna, berat, ketahanan melon, ongkos kirim, iklan melalui Whatsapp, dan
kemasan. Dan atribut lainnya dianggap tidak penting dan juga tidak memiliki kinerja
bagus.
Kata Kunci: Importance Performance Analysis (IPA), Toboponik, Melon Premium,
Strategi Pemasaran
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Faculty of Agriculture > Department of Agribusiness |
Depositing User: | Sugiarti, S.IPust |
Date Deposited: | 10 Jul 2025 03:50 |
Last Modified: | 10 Jul 2025 03:50 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23721 |