PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) TEKS NARASI BERBASIS PENDEKATAN GENRE PADA SISWA KELAS VII SMP

Susela, Dina and Catur, Wulandari and Ria, Ariesta (2025) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) TEKS NARASI BERBASIS PENDEKATAN GENRE PADA SISWA KELAS VII SMP. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Skripsi] Archive (Skripsi)
SKRIPSI DINA SUSELA A1A019055_ - dina susela.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

LKS yang tersedia di sekolah masih memiliki kelemahan yaitu, segi fisik,
pemilihan warna terlalu banyak sehingga mengurangi estetika, kertas yang
digunakan sangat tipis sehingga mudah rusak. Segi isi, cerita teks yang ada dalam
LKS masih menggunakan cerita lama dan kebahasaan. Sehingga masih perlu
dikembangkannya LKS teks narasi berbasis pendekatan genre. Penelitian ini
merupakan penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini bertujuan untuk:
(1) Mendeskripsikan hasil analisis kebutuhan LKS teks narasi siswa kelas VII
SMP. (2) Mendeskripsikan hasil desain pengembangan LKS berbasis pendekatan
Genre teks narasi siswa kelas VII SMP. (3) Mengetahui kelayakan produk LKS
teks narasi berbasis pendekatan Genre siswa kelas VII SMP. (4) Mendeskripsikan
hasil implementasi LKS berbasis pendekatan Genre teks narasi siswa kelas VII
SMP. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah
pengembangan ADDIE, namun dalam penelitian ini hanya dilakukan sampai
tahap implementasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa Analisis
LKS, Lembar validasi ahli materi, praktisi dan angket respon siswa. Teknik
analisis data dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Penelitian ini
dilakukan di SMP Negeri 1 Kota Bengkulu dengan subjek penelitian 15 orang
siswa kelas VII.2. Adapun hasil dari penelitian yaitu: (1) Analisis kebutuhan LKS
menyatakan bahwa LKS membutukan pengembangan dengan membuat LKS
lebih menarik dari segi tampilan dan isi. (2) Pengembangan LKS melalui tahapan
perancangan kebutuhan LKS dan kerangka LKS. (3) Kelayakan LKS di uji oleh
ahli materi dan praktisi. Hasil uji validasi produk yang diperoleh dari ahli materi
dan praktisi memperoleh persentase keseluruhan dari ahli materi sebesar 84%
dengan kategori sangat layak dan praktisi 81% dengan kategori sangat layak. (4)
Implementasi penggunaan LKS kepada siswa berjumlah 15 orang siswa dan
respon siswa terhadap LKS mendapatkan hasil dengan persentase keseluruan
sebesar 81,5% dengan kategori sangat baik.
Kata kunci: Pengembangan LKS, model ADDIE, teks narasi, pendekatan
Genre

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 15 Jul 2025 04:08
Last Modified: 15 Jul 2025 04:08
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23751

Actions (login required)

View Item
View Item