PENGARUH REGGIO EMILIA APPROACH (REA) DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR ANAK USIA DINI

Ardina, Mona and Endang, Widi Winarni and I Wayan, Dharmayana (2025) PENGARUH REGGIO EMILIA APPROACH (REA) DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS TERHADAP HASIL BELAJAR ANAK USIA DINI. Doctoral thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Disertasi] Archive (Disertasi)
MONA BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB - darti daryanti.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pembelajaran REA dan
keterampilan berpikir kritis terhadap hasil belajar anak usia dini. Metode penelitian
ini adalah studi kuantitatif dengan desain eksperimental dengan desain
Nonequivalent pretest posttest Control Group Design. Teknik sampling yang
digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 42 orang
anak Kelompok B TK IT Baitul Izzah Kota Bengkulu yang terdiri dari 18 orang
anak untuk kelompok eksperimen dan 24 orang anak untuk kelompok kontrol. Data
dikumpulkan melalui observasi pada saat pretest dan posttest, serta pengukuran
keterampilan berpikir kritis menggunakan instrumen yang valid dan reliabel.
Analisis data menggunakan ANOVA dua arah dengan keterampilan berpikir kritis
sebagai variabel moderator. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh
yang signifikan (0,006 < 0,05) antara pendekatan pembelajaran terhadap hasil
belajar anak usia dini dan adanya pengaruh yang signifikan (0,001 < 0,05) antara
keterampilan berpikir kritis terhadap hasil belajar anak usia dini. Namun, tidak
terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan keterampilan
berpikir kritis dalam mempengaruhi hasil belajar anak usia dini. Hasil ini
memberikan pemahaman yang lebih jelas tentang kontribusi masing-masing
variabel terhadap hasil belajar anak usia dini, tanpa adanya faktor interaksi yang
memengaruhi. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi praktisi pendidikan
mengenai pentingnya mengintegrasikan strategi dan metode dalam pendekatan
pembelajaran yang mendorong pengembangan keterampilan berpikir kritis dalam
kurikulum guna meningkatkan hasil belajar anak usia dini.
Kata Kunci: Reggio Emilia Approach, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil
Belajar, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Septi, M.I.Kom
Date Deposited: 16 Jul 2025 03:20
Last Modified: 16 Jul 2025 03:20
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23762

Actions (login required)

View Item
View Item