Rozi, Zico Fakhrur and Aceng, Ruyani and Badeni, Badeni (2025) PENGEMBANGAN MODUL HOMEOSTATIS BERBASIS STEAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MAHASISWA. Doctoral thesis, Universitas Bengkulu.
![Disertasi [thumbnail of Disertasi]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
ZICO BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB - Zico Fakhrur Rozi.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul homeostatis berbasis STEAM
untuk meningkatkan kemampuan kognitif mahasiswa. Subjek pada penelitian ini
adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas PGRI Silampari yang
mengambil matakuliah fisiologi hewan yang terdiri dari kelas ekperimen dan kelas
kontrol dengan desain pretes dan post test hasil belajar mahasiswa. Pada proses
pembelajaran mahasiswa diberikan tugas berupa proyek menguji ekstrak buah honje
hutan (E. hemisphaerica) sebagai antihiperglikemia, antihiperkolsterolemia, dan
antihiperuricemia. Pengembangan Modul menggunakan model pengembangan 4D,
dengan tahapan define (pendefinisian), design (perancangan), develop
(pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Instrumen dalam penelitian berupa
angket validasi ahli materi, ahli media, ahli bahasa, angket respon dan lembar tes
evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan terdapat
unsur steam dan dinilai layak oleh validator ahli materi dengan nilai v-aiken 0.912
(kategori valid sangat tinggi), ahli media 0.916 (kategori valid sangat tinggi) serta ahli
bahasa 0.888 (kategori valid sangat tinggi). Respon mahasiswa terhadap modul dengan
nilai 48.444 dengan kategori positif. Kemampuan kognitif mahasiswa mengalami
peningkatan dengan nilai N-gain sebesar 0.641 dengan kategori kenaikan sedang.
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa modul homeostatis berbasis
STEAM efektif meningkatkan kemampuan kognitif mahasiswa. Hasil analisis dengan
menggunakan uji anova diperoleh nilai asymp sig 0.000 < 0.005 dengan asumsi
terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.
Diharapkan untuk peneliti selanjutnya agar dapat mengembangkan e-modul pada
materi lain untuk mengukur keterampilan abad 21 mahasiswa seutuhnya bukan hanya
aspek kognitif saja.
Kata Kunci: Modul, Fisiologi Hewan, Kemapuan Kognitif, STEAM.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 03:20 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 03:20 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23768 |