Agusta, Okky Leo and Sudarwan, Danim and Manap, Somantri (2025) EVALUASI EFEKTIVITAS PENGEMBANGAN KEPROFESIANBERKELANJUTAN GURU BAHASA INGGRIS SMK KOTA LUBUKLINGGAU. Doctoral thesis, Universitas Bengkulu.
![Disertasi [thumbnail of Disertasi]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
OKY LEO AGUSTA BEBAS PERPUSTAKAAN UNIB - Okky Leo Agusta.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi efektivitas pengembangan
keprofesian berkelanjutan Guru Bahasa Inggris SMK di Kota
Lubuklinggau menggunakan model evaluasi (Context, Input, Process, dan
Product) dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah
Balai Guru Penggerak Sumatera Selatan, Dinas Pendidikan Kota
Lubuklinggau, dan Guru Bahasa Inggris SMK di Kota Lubuklinggau.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Evaluasi context menunjukkan kebutuhan
program pengembangan keprofesian berkelanjutan Guru Bahasa Inggris
belum terpenuhi secara optimal dan tepat sasaran. Pada evaluasi Input,
daya dukung dalam perancangan dan pelaksanan kegiatan pengembangan
keprofesian berkelanjutan Guru Bahasa Inggris sudah memadai.
Sedangkan pada evaluasi process, kegiatan pengembangan keprofesian
berkelanjutan Guru Bahasa Inggris di Kota Lubuklinggau dalam
pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif terhambat oleh
terbatasnya waktu, administrasi pembelajaran, dan beban mengajar yang
padat. Evaluasi Product menunjukkan pencapaian kegiatan pengembangan
keprofesian berkalanjutan Guru Bahasa Inggris di Kota Lubuklinggau
belum optimal. Beberapa faktor yang menyebabkan kegiatan
pengembangan keprofesian berkelanjutan belum optimal dan tepat sararan
adalah landasan hukum dan juknis kegiatan kolektif guru yang belum
jelas. Sedangkan dalam kegiatan publikasi ilmiah dan karya inovatif Guru
Bahasa Inggris di Kota Lubuklinggau terhambat dengan banyaknya beban
tugas guru dan waktu tersedia untuk melaksanakan kegiatan
pengembangan kerpofesian berkelanjutan tersebut. Keterbaharuan
penelitian ini adalah model hipotetik yang dapat digunakan dalam
penyusunan kerangka pengembangan keprofesian bagi Guru Bahasa
Inggris di Kota Lubuklinggau.
Kata Kunci: Efektivitas Efektivitas, Pengembangan Keprofesian
Berkelanjutan,Guru Bahasa Inggris
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Septi, M.I.Kom |
Date Deposited: | 16 Jul 2025 03:20 |
Last Modified: | 16 Jul 2025 03:20 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23769 |