Asri, Sadikin and Rohadi, Nyoman and Sakti, Indra (2006) STUDI DESKRIPTIF KENDALA GURU DALAM PENILAIAN HASIL BELAJAR FISIKA BERDASARKAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI KOTA BENGKULU. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![I,II,III-SAD-FKIP.pdf [thumbnail of I,II,III-SAD-FKIP.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
I,II,III-SAD-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (360kB)
![IV,V-SAD-FKIP.pdf [thumbnail of IV,V-SAD-FKIP.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
IV,V-SAD-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (360kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk
mendiskripsikan kendala guru dalam penilaian hasil belajar fisika yang
berdasarkan kurikulum berbasis kompetensi di Sekolah Menengah Atas
Negeri Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan
metode survey yang bertujuan untuk menggambarkan secara sistematik dan
ukuran serta karakteristik mengenai populasi atau bidang tertentu. Jumlah
guru fisika yang dilibatkan dalam penelitian ini sebanyak 18 orang guru.
Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Jenis
angket yang digunakan adalah angket dengan jawaban tertutup. Data
dianalisis dengan menggunakan rumus validitas korelasi product moment dan
reliabilitas dengan rumus Alpha cronbach. Data hasil ditampilkan dengan tebel
frekuensi dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kendala guru
dalam melakukan penilaian hasil belajar fisika berdasarkan KBK pada (a)
aspek kognitif, guru mengalami kendala di dalam menyusun test,
menyesuaikan waktu evaluasi, membuat bentuk penilaian yang adil,
banyaknya jumlah siswa, kurang tersedianya bahan/literatur, dan
pengalokasian waktu. (b) Pada aspek afektif, guru mengalami kendala di
dalam membuat penilaian yang dapat mengungkapkan sikap siswa, jumlah
siswa yang banyak, dan waktu yang dibutuhkan banyak. (c) Pada aspek
psikomotor, guru mengalami kendala dalam membuat alat penilaian, tidak
tersedianya alat praktikum, jumlah siswa yang terlalu banyak dan waktu yang
sangat sedikit.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Physic Education |
Depositing User: | Miss Goklasni Manullang |
Date Deposited: | 29 Nov 2013 08:43 |
Last Modified: | 29 Nov 2013 08:43 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/2387 |