TINGKAT PENGETAHUAN MURID SEKOLAH DASAR DI KOTA BENGKULU TENTANG GEMPA BUMI DAN TSUNAMI

Niasti, Yetni eka and Fransisca, Connie and Sakti, Indra (2006) TINGKAT PENGETAHUAN MURID SEKOLAH DASAR DI KOTA BENGKULU TENTANG GEMPA BUMI DAN TSUNAMI. ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.

[thumbnail of I,II,III-YET-FKIP.pdf] Text
I,II,III-YET-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)
[thumbnail of IV,V-YET-FKIP.pdf] Text
IV,V-YET-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini
dilatar belakangi oleh frekwensi gempa bumi yang sering terjadi di Bengkulu. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pengetahuan murid Sekolah Dasar
(SD) di Kota Bengkulu tentang gempa bumi dan tsunami, pengetahuan murid
Sekolah Dasar di Kota Bengkulu tentang istilah, pengetahuan murid Sekolah Dasar di
Kota Bengkulu tentang fakta, pengetahuan murid Sekolah Dasar di Kota Bengkulu
tentang kebiasaan, dan pengetahuan murid Sekolah Dasar di Kota Bengkulu tentang
prinsip yang berkaitan dengan gempa bumi dan tsunami. Populasi dalam penelitian
ini adalah seluruh murid kelas VI SD Negeri di kota Bengkulu sebanyak 4867 murid
yang terbagi dalam 8 kecamatan yang ada di kota Bengkulu. Sampel diambil
sebanyak 270 murid. Teknik pengambilan sampel adalah dengan teknik presentase
random sampling untuk menentukan besarnya sampel, sedangkan untuk menentukan
jumlah sampel menurut tingkatan atau kelompok kecamatan adalah dengan teknik
pengambilan sampel acak (random sampling). Data diperoleh dengan menggunakan
tes. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif yaitu rumus skor total, mean,
standar deviasi dan tabulasi frekwensi. Hasil penelitian menunjukkan skor total untuk
semua aspek pengetahuan murid SD di Kota Bengkulu tentang gempa bumi dan
tsunami 4746 dengan standar deviasi 3,503. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pada
aspek pengetahuan murid SD di Kota Bengkulu tentang istilah yang berkaitan dengan
gempa bumi sebanyak 24,82 % murid dalam kategori tinggi, 52,96 % sedang, dan
22,22 % rendah, aspek pengetahuan murid SD di Kota Bengkulu tentang fakta yang
berkaitan dengan gempa bumi sebanyak 12,22% murid dalam kategori tinggi, 61,11%
sedang, dan 26,67 % rendah, aspek pengetahuan murid SD di Kota Bengkulu tentang
kebiasaan yang berkaitan dengan gempa bumi sebanyak 16,67% murid dalam
kategori tinggi, 67,78% sedang, dan 15,55 % rendah, aspek pengetahuan murid SD di
Kota Bengkulu tentang prinsip yang berkaitan dengan gempa bumi sebanyak 24,44%
murid dalam kategori tinggi, 67,41% sedang, dan 8,15 % rendah. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa secara umum tingkat pengetahuan murid SD di Kota Bengkulu
tentang gempa bumi dan tsunami adalah sedang dengan frekwensi tertinggi adalah
aspek pengetahuan tentang kebiasaan yang dilakukan berkaitan dengan gempa bumi
dan tsunami sebanyak 67,78% murid.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined])
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Department of Physic Education
Depositing User: Miss Goklasni Manullang
Date Deposited: 29 Nov 2013 09:02
Last Modified: 29 Nov 2013 09:02
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/2389

Actions (login required)

View Item
View Item

slot gacor terbaik

slot gacor terpercaya

Situs Resmi Bisawd

slot gacor 4d

Slot Terpercaya

Slot Gacor bet 200