Faiza, Zuratul and Azansyah, Armelly (2023) ANALISIS PERSEPSI MAHASISWA BERWIRAUSAHA MENGGUNAKAN E-COMMERCE (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Bengkulu). Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
Skripsi Zuratul Faiza - zuratul faiza.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Semakin berkembangnya zaman saat ini, menekankan agar untuk lebih
tanggap dalam beradaptasi dengan masyarakat sosial. Perkembangan ilmu
teknologi, sosial bahkan ekonomi sangat menentukan kesejahteraan masyarakat
terutama dalam memenuhi kebutuhan hidup mereka. Perkembangan internet sudah
memungkinkan berbagai macam jenis teknologi untuk membantu komunikasi
pada bentuk elektronika, yaitu bisnis e-commerce.
Universitas Bengkulu mamasuk kan materi kewirausahaan sebagai salah
satu mata kuliah yang harus ditempuh oleh mahasiswa selama studinya. Penelitian
ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa berwirausaha menggunakan
e-commerce dengan variabel fasilitas, modal, motivasi. Penelitian ini dilakukan di
Universitas Bengkulu mengambil 100 mahasiswa yang berwirausaha
menggunakan e-commerce, menggunakan teknik snowball random sampling.
Teknik analisis dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif.
Dalam penelitian ini dapat disimpulan persepsi mahasiswa berwirausaha
menggunakan e-commerce adalah mahasiswa sangat setuju bahwasannya jika
berwirausaha menggunakan e-commerce ini sangat memudahkan mereka dalam
segala aspek terutama dalam hal fasilitas yang memudahkan mereka untuk
berwirausaha, modal yang sangat dibutuhkan dan dengan modal yang tidak terlalu
besar juga sudah bisa untuk mereka memulai berwirausaha menggunakan e-
x
commerce, tetapi motivasi yang masih sangat kurang untuk mereka memulai
berwirausaha, masih kurangnya kemauan mereka untuk memulai berwirausaha
karena belum mengetahui keuntungan yang bisa mereka dapatkan. mahasiswa
harus bergerak untuk memulai berwirausaha dan melihat beberapa temannya yang
berwirausaha dan menggunakan e-commerce sehingga juga bisa menimbulkan
rasa keinginannya untuk bergabung dan berwirausaha agar bisa memperoleh
keuntungan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel modal adalah yang paling
menentukan mahasiswa untuk berwirausaha. Dalam analisisnpenelitian ini
persepsi mahasiswa terhadap variabel yang ada dalam berwirausaha menggunakan
e-commerce yaitu variabel fasilitas dengannnilai rata-rata yaitu 3,81 diikutinmodal
dengan rata-rata terbesar 3,87, dan motivasi yang paling terkecil yaitu 3,66.
Terlepas dari hasil penelitian tersebut, yang pasti setidaknya sudah ada 100
mahasiswa yang sudah menciptakan kesempatan kerja baru, penghasilan baru, dan
pengalaman bagi mereka untuk berwirausaha setelah mereka lulus nantinya dan
merekapun telah berkontribusi untuk perekonomian setidaknya di daerah
Bengkulu dan bermanfaat bagi Pembangunan ekonomi untuk kedepan nya.
Kata kunci : Berwirausaha, e-commerce, fasilitas, modal, motivasi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Development Economics |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 09:07 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 09:07 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23902 |