PENGARUH PRODUCT QUALITY DAN PERCEIVED KNOWLEDGE TERHADAP MINAT BELI ULANG PADA PRODUK SUSU BEAR BRAND DI MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN WORDS OF MOUTH SEBAGAI VARIABEL MEDIASI

Sari, Rizka Meylinda and Effed, Darta Hadi (2023) PENGARUH PRODUCT QUALITY DAN PERCEIVED KNOWLEDGE TERHADAP MINAT BELI ULANG PADA PRODUK SUSU BEAR BRAND DI MASA PANDEMI COVID-19 DENGAN WORDS OF MOUTH SEBAGAI VARIABEL MEDIASI. Other thesis, Universitas Bengkulu.

[thumbnail of Thesis] Archive (Thesis)
Bagi SKRIPSI rizkaaaa - Rizka Meylindasari.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).

Download (3MB)

Abstract

Pandemic Covid-19 membawa dampak positif dalam peningkatan
penjualan Susu Bear Brand. Hal ini ditunjukkan dengan Top Brand Indeks pada
tahun 2020 posisi susu Bear Brand berada di posisi ketiga, dan terus mengalami
kenaikan dengan menduduki posisi kedua di tahun 2021. yang mampu bersaing
dengan susu UHT dan susu pasteurisasi merek lain yang merupakan hasil dari
produk susu cair pemain lama seperti Milo,Indomilk dan Frisian Flag. Hal ini
memerlihatkan bahwa dampak Pandemi Covid-19 memberikan pengaruh yang
cukup besar atas permintaan produk susu Bear Brand.
Bila dicermati akan peningkatan kepercayaan masyarakat atas susu Bear
Brand adalah terjadi selama masa pandemic Covid-19. Hal ini merupakan sebagai
dampak kepercayaan masyarakat atas kualitas produk susu Bear Brand yang dapat
meningkatkan daya tahan tubuh. Peningkatan daya tahan tubuh tentunya sangat
dibutuhkan pada saat pandemic Covid-19. Hal ini dikarenakan daya tahan tubuh
yang tinggi akan dapat melindungi tubuh dari masuknya virus kedalam tubuh.
Dengan kualitas susu Bear Brand yang baik, tentu memberikan kualitas kepada
masyarakat yang mengkonsumsinya. Berdasarkan hasil penelitiannya, Harahap,
(2017) menjelaskan bahwa kualitas yang diberikan pada suatu produk akan
memengaruhi kualitas produk.
Konsumen yang merasa kualitas dalam mengkonsumsi susu Bear Brand
akan memiliki pertimbangan positif atas produk, sehingga timbul keinginan
kembali mengkonsumsi susu Bear Brand dan akan melakukan pembelian ulang
pada produk tersebut. Ananda & Jamiat (2021) menjelaskan bahwa kualitas suatu
produk yang dirasakan konsumen akan mempengaruhi perceived knowledge pada
konsumen dalam menggunakan suatu produk dan pada akhirnya atas kualitas yang
dirasakan akan mendorong konsumen untuk membeli kembali pada produk yang
sama.
Selain kualitas produk, Perceived Knowledge pada suatu produk juga
menjadi faktor penting bagi pemasaran suatu produk. Perilaku konsumen dalam
mengambil keputusan pembelian dipengaruhi oleh pengetahuan mendalam
konsumen tersebut terhadap informasi mengenai produk yang akan dibeli.
Perceived Knowledge sangat erat kaitannya dengan masalah keputusan yang
diambil seseorang untuk menentukan barang dan jasa yang akan dibelinya.
Disisi lain, peran komunikasi dari mulut ke mulut (Word of Mouth)
mengenai kualitas pada produk juga dapat menentukan keputusan pembelian
konsumen akan produk. Oleh karena itu penelitian ini mengkaji tentang pengaruh
product quality dan perceived knowledge produk terhadap minat beli ulang susu
Bear Brand pada masa pandemi Covid-19 dengan words of mouth sebagai variabel
mediasi.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung
antara kualitas produk, perceived knowledge dan words of mouth terhadap minat
beli ulang pada produk susu Bear Brand. Juga mengkaji pengaruh langsung antara
kualitas produk dan perceived knowledge terhadap words of mouth pada produk
susu Bear Brand. Disisi lain melalui penelitian ini juga dilakukan kajian atas peran
variabel words of mouth sebagai variabel mediasi.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian explanatory research, yang
bertujuan untuk menganalisis hubungan antara satu variabel dengan variabel
lainnya. Variabel penelitian yang digunakan adalah Product quality dan variabel
Perceived Knowledge sebagai variabel independent, dan variabel Words of Mouth
sebagai variabel mediasi serta variabel minat beli ulang sebagai variabel
dependen. Jumlah sampel penelitian adalah sebanyak 170 responden yang
dikumpulkan dengan pendekatan purposive sampling. Alat analisis yang
digunakan adalah dengan pendekatan Structural Equation Model dengan
menggunakan software Lisrel versi 8.3.
Hasil penelitian mendapatkan bahwa 1). Kualitas Produk berpengaruh
positif dan signifikan terhadap Words of Mouths dengan nilai koefisien sebesar
0,46. Yang berarti bahwa semakin tinggi tingkat kualitas produk maka semakin
baik pula dalam membeli produk susu bear brand 2). Pengaruh Perceived
Knowledge terhadap Words of Mouth juga didapat positif dan signifikan dengan
nilai koefisien pengaruh sebesar 0,50. 3). Pengaruh Words of Mouth terhadap
Minat Beli Ulang susu Bear Brand didapatkan nilai koefisien sebesar 0,63
dengan arah pengaruh positif dan signifikan. 4). Temuan penelitian atas pengaruh
Kualitas Produk terhadap minat Beli Ulang susu Bear Brand adalah positif sebesar
0,37 dan signifikan. 5). Pengaruh Perceived Knowledge terhadap Minat Beli
Ulang diperoleh hasil tidak signifikan dengan nilai koefisen -0,06 (negatif). 6).
Peran mediasi dari variabel Words of Mouth dalam menjembatani pengaruh
antara variabel Kualitas Produk terhadap Minat Beli Ulang susu Bear Brand
adalah full mediated. 7). Efek mediasi Words of Mouth atas pengaruh Perceived
Knowledge terhadap Minat Beli Ulang memberikan peran mediasi secara parsial.
Adapun saran praktis dalam penelitian ini bagi produk susu bear brand agar
dapat menyusun strategi untuk meningkatkan kualitas dan perceived knowledge
bagi konsumen agar mampu mengenal dan memiliki persepsi yang baik terkait
produk susu Bear Brand, yang ada akhirnya dapat meningkatkan minat membeli
ulang produk susu Bear Brand.
Kata Kunci: Product Quality, Perceived Knowledge. Words of Mouth,
Repurchase intention.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Economy > Department of Management
Depositing User: 56 nanik rahmawati
Date Deposited: 19 Aug 2025 07:14
Last Modified: 19 Aug 2025 07:14
URI: https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23921

Actions (login required)

View Item
View Item