Utama, Dion Alif and Praningrum, Praningrum (2023) PENGARUH CONTENT CREATOR MARKETING PLATFORM INSTAGRAM TERHADAP PURCHASE INTENTION (STUDI KREATOR KONTEN POSTINGAN BENGKULUBIKINLAPER). Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
Dion Alif Utama_C1B017074 - Dion Channel TV.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Di era digital sekarang ini, teknologi berkembang pesat hingga
perkembangan digital ikut berkembang. Dengan adanya internet
mempermudahkan semua kebutuhan yang ada menjadi praktis dan efisien,
termasuk kebutuhan untuk bisnis. Bisnis di era digital banyak mengalami
perubahan termasuk di dalam marketing. Menurut De Vries dan Carlson (2014)
melanjutkan teori dari Gensler et al (2013), Kehadiran di jejaring sosial telah
menjadi bagian penting dari strategi pemasaran: promosi produk secara online
melalui akun bisnis dan beriklan di platform jejaring sosial telah terbukti efisien.
Di era milenial sekarang banyak kalangan generasi milenial yang menjadikan
content creator sebagai pekerjaan dan fashion, ini dikarenakan banyaknya
penghasilan yang didapat jika konten yang dibuat banyak diminati sehingga
perusahaan memanfaatkan content creator yang memiliki banyak pengikut
dengan mengiklankan produk mereka atau jasa mereka ke content creator
tersebut, ini menjadikan content creator juga sebagai celebrity endorser
(influencer) karena mengendorse atau mengiklankan produk dikonten mereka.
Studi ini meneliti niat beli produk yang dipromosi dari content creator,
yaitu meneliti beberapa faktor yang mempengaruhi niat beli atau purchase
intention. Beberapa variabel yang digunakan untuk berpengaruh terhadap
purchase intention yaitu content creator, parasocial interaction, dan credibility.
Sehingga terdapat empat hipotesis untuk diuji yaitu 1) apakah content creator
berpengaruh terhadap purchase intention, 2) apakah parasocial interaction
berpengaruh terhadap purchase intention, 3) apakah credibility berpengaruh
terhadap purchase intention, dan 4) apakah content creator, parasocial
interaction, dan credibility sama-sama berpengaruh terhadap purchase intention.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang dimana terdapat
pengujian hipotesis variabel. penelitian ini, data dikumpulkan melalui penyebaran
kuesioner secara online dengan menggunakan skala likert 5 poin, metode
pengumpulan data dilakukan dengan teknik non-probability sampling dengan
purposive sampling sebagai metode pengambilan sampel, dan diperoleh 190
responden, teknik pengolahan data menggunakan SPSS Statistical Package for
Social Science version 21. Metode analisis yang digunakan yaitu analisis regresi
linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Variabel Content Creator
berpengaruh postif terhadap Purchase Intention, 2) Variabel Parasocial
Interaction berpengaruh positif terhadap Purchase Intention, 3) Variabel
Credibility berpengaruh positif terhadap Purchase Intention, dan 4) Variabel
Content Creator, Parasocial Interaction, dan Credibility sama-sama berpengaruh
positif terhadap variabel Purchase Intention.
Kata Kunci: Niat Beli, Konten Kreator, Interaksi Parasosial, Kredibilitas.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 19 Aug 2025 07:22 |
Last Modified: | 19 Aug 2025 07:22 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23923 |