Sulistiyo, Dedi eko and Irawati, Sri and Idrus, Irdam (2006) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL (CTL) MELALUI MODEL PENGAJARAN BERDASARKAN MASALAH (PBI) SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII. 6 SMP NEGERI 1 KOTA BENGKULU (CLASSROOM ACTION RESEARCH). ['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined] thesis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNIB.
![I,II,III-DED-FKIP.pdf [thumbnail of I,II,III-DED-FKIP.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
I,II,III-DED-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
![IV,V-DED-FKIP.pdf [thumbnail of IV,V-DED-FKIP.pdf]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
IV,V-DED-FKIP.pdf - Bibliography
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (4MB)
Abstract
Jenis penelitian yang
dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua
siklus, dengan menggunakan dua variabel, yaitu penerapan pendekatan CTL melalui
model PBI sebagai variabel bebas, dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat.
Pengumpulan data hasil belajar dalam penelitian ini dilakukan melalui tes (kognitif),
penilaian sikap (afektif), dan penilaian unjuk kerja (psikomotor), sedangkan untuk
mengetahui aktivitas siswa dan guru selama kegiatan pembelajaran dipergunakan
lembar observasi siswa dan lembar observasi guru. Data hasil belajar yang diperoleh
dianalisis secara deskriptif dengan mengacu pada ketuntasan belajar secara klasikal.
Dari analisis data menunjukkan pada nilai akhir siklus I diperoleh ketuntasan belajar
klasikal 80.56 % (belum tuntas), siklus II 88.89 % (tuntas), dan tes akhir 94.44 %
(tuntas). Sementara ketuntasan belajar klasikal pada penilaian sikap (afektif) siswa
siklus I 80.56 % (belum tuntas), siklus II 94.44 % (tuntas). Kemudian untuk
ketuntasan belajar pada penilaian unjuk kerja (psikomotor) siswa siklus I 97.2 %
(tuntas), siklus II 100 % (tuntas). Selanjutnya pada analisis lembar observasi siklus I
diperoleh rata-rata skor aktivitas guru 33 dengan kriteria cukup, dan rata-rata skor
aktivitas siswa 27.5 dengan kriteria cukup, sementara pada siklus II rata-rata skor
aktivitas guru 37.5 dengan kriteria baik, dan rata-rata aktivitas siswa dengan rata-rata
skor 32.5 dengan kriteria baik. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa
pembelajaran biologi dengan menerapkan pendekatan CTL melalui model PBI pada
konsep penggunaan alat dan teknik dalam sains dan keanekaragaman makhluk hidup
dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dan guru kelas VII.6 SMP
Negeri 1 Kota Bengkulu.
Item Type: | Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_ut' not defined]) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Education > Department of Biology Education |
Depositing User: | Miss Goklasni Manullang |
Date Deposited: | 29 Nov 2013 09:19 |
Last Modified: | 29 Nov 2013 09:19 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/2394 |