Jannah, Miftahul and Lizar, Alfansi (2023) PERSEPSI KAUM MUSLIM TERHADAP LAYANAN APLIKASI MUSLIM PRO: PENERAPAN EXTENDED TAM. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
SKRIPSI_PERSEPSI KAUM MUSLIM TERHADAP LAYANAN APLIKASI MUSLIM PRO PENERAPAN EXTENDED TAM_compressed - miftahul jannah.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (1MB)
Abstract
Kehadiran teknologi dalam era revolusi industri 4.0 dianggap sebagai
salah satu manifestasi perkembangan teknologi secara esensial tidak dapat
dipisahkan dari dinamika kehidupan manusia dalam segala bidang. Termasuk
praktik keberagamaan individu. Teknologi secara fungsional dapat menjadi
media alternatif dalam mendukung, memudahkan dan meningkatkan
pengalaman religiusitas individu dengan berbagai manifestasinya. Diantara
banyaknya aplikasi layanan muslim untuk kemudahan beribadah di Indonesia,
aplikasi Muslim Pro merupakan salah satu aplikasi yang banyak digunakan.
Penelitian ini menguji model empiris dari behavior intention yang dipengaruhi
oleh perceived ease of use, perceived usefulness, attitude toward using,
perceived enjoyment, religiosity, dan subjective norms.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan data
primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner online dengan menggunakan
google form. Penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling
dengan metode snowball sampling. Kuesioner mendapatkan 240 responden.
Kemudian, data yang diperoleh dianalisis dengan metode Structural Equation
Modeling dengan bantuan alat uji IBM SPSS AMOS 22.0 for Window.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perceived ease of use
berpengaruh signifikan terhadap attitude toward using. 2) perceived usefulness
berpengaruh terhadap attitude toward using. 3) Perceived ease of use tidak
berpengaruh signifikan terhadap behavior intention. 4) attitude toward using
berpengaruh terhadap behavior intention. 5) perceived usefulness berpengaruh
terhadap behavior intention. 6) Perceived enjoyment berpengaruh terhadap
behavior intention. 7) subjective norm berpengaruh terhadap behavior
intention. 8) attitude toward using memediasi pengaruh antara perceived ease
of use dan behavior intention. 9) attitude toward using memediasi pengaruh
antara perceived usefulness dan behavior intention. 10) Religiusitas
memoderasi hubungan antara attitude toward using dengan behavior intention.
Adapun saran praktis dalam penelitian ini bagi penyedia layanan aplikasi
Muslim Pro yaitu untuk terus meningkatkan strategi untuk mempertahankan
persepsi yang baik dari pengguna dan meningkatkan layanan agar tingkat niat
perilaku pengguna tetap tinggi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Economy > Department of Management |
Depositing User: | 56 nanik rahmawati |
Date Deposited: | 20 Aug 2025 08:36 |
Last Modified: | 20 Aug 2025 08:36 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/23971 |