TAZUN, GUSTINA AISYAH and Purwaka, Purwaka and Fransiska, Timoria Samosir (2021) ANALISIS LITERASI DIGITAL SISWA DI SMAN 3 KABUPATEN BENGKULU TENGAH PROVINSI BENGKULU. Other thesis, Universitas Bengkulu.
![Thesis [thumbnail of Thesis]](https://repository.unib.ac.id/style/images/fileicons/archive.png)
PDF SKRIPSI_GUSTINA AISYAH TAZUN_D1B017038.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons GNU GPL (Software).
Download (3MB)
Abstract
Teknologi informasi dan komunikasi telah berkembang sangat cepat dan kompleks. Dasar yang harus dimiliki agar dapat menghadapi perkembangan tersebut adalah dengan memiliki kemampuan literasi digital, terutama untuk siswa dengan rentang usia 13-17 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi digital siswa di SMAN 3 Kabupaten Bengkulu Tengah Provinsi Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yang dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 86 siswa SMAN 3 Kabupaten Bengkulu Tengah. Kemudian teknik pengambilan sampel menggunakan metode probability sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat literasi digital siswa pada dimensi teknologi (Techonological) memperoleh skor rata-rata 3,3 (tiga koma tiga) poin yang dikategorikan cukup baik. Kemudian untuk dimensi kognitif (Cognitive) memperoleh skor rata-rata 3,5 (tiga koma lima) poin
dikategorikan baik, dan dimensi etika (Ethical) memperoleh skor rata-rata 3,8 (tiga koma delapan) poin yang dikategorikan baik. Berdasarkan rekapitulasi hasil keseluruhan diperoleh skor rata-rata yakni 3,5 (tiga koma lima) poin yang sudah dikategorikan baik. Akan tetapi, terdapat beberapa indikator yang masuk dalam kategori kurang baik, yaitu indikator pada dimensi teknologi dan dimensi kognitif.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Faculty of Social & Politics Science > Journal |
Depositing User: | 58 darti daryanti |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 07:31 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 07:31 |
URI: | https://repository.unib.ac.id/id/eprint/24002 |